Nasional

Hasil SNMPTN 2020 Bakal Diumumkan Rabu 8 April Jam 13.00 WIB

JAKARTA, SENAYANPOST.com –  Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) bakal mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 pada Rabu (8/4). Peserta bisa mengetahui pengumuman SNMPTN dengan mengakses situs snmptn.ac.id.

“Data bisa diakses besok setelah pukul 13.00 WIB,” ujar Koordinator Humas LTMPT Anwar kepada CNNIndonesia.com, Selasa (7/4/2020).

Anwar menjelaskan bahwa pengumuman resmi akan disampaikan pada pukul 09.00 WIB. Namun, data bisa diakses di situs resmi SNMPTN pada pukul 13.00 WIB. Nantinya siswa dan wali harus login dan mengisi data pribadi untuk mengakses data hasil SNMPTN.

Jadwal pengumuman hasil SNMPTN sendiri sempat diundur. Mulanya pengumuman disampaikan pada Sabtu (4/4). Lalu diundur menjadi Rabu (8/4) guna mengakomodir peserta SNPMTN dari para penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) yang baru dikeluarkan pemerintah pusat.

SNMPTN merupakan jalur masuk PTN yang dilakukan tanpa ujian tertulis. Acuan seleksi yang digunakan adalah nilai rapor dari semester satu sampai semester lima bagi SMA/MK/MA atau semester satu sampai tujuh bagi SMK.

Kuota siswa dari setiap sekolah yang dapat mengikuti SNMPTN bervariasi. Bagi sekolah berakreditasi A, kuota yang ditentukan 40 persen, akreditasi B sebanyak 25 persen dan akreditasi C sebanyak 5 persen.

Sedangkan bagi siswa yang tidak dapat mengikuti SNMPTN atau tidak lolos, bisa melanjutkan ke Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). (WS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close