Olahraga

Harumkan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri Raih Emas 100 M di Kejuaraan Dunia Atletik Junior

FINLANDIA, SENAYANPOST.com – Pelari muda Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, berhasil menjadi juara di Kejuaraan dunia Atletik U20 yang berlangsung di Tampere, Finlandia,Rabu (11/7/2018) malam waktu setempat.

Turun di nomor 100 meter putra, Lalu yang berlari di lintasan 8, berhasil masuk finish dengan catatan waktu 10.18 detik mengalahkan dua pelari U20 terbaik Amerika Serikat Anthony Scwartz dan Eric Harrison yang menduduki peringkat kedua dan ketiga dengan waktu 10.22.

Keberhasilan Zohri jadi juara ini merupakan sejarah besar bagi dunia atletik Indonesia dan juga dalam sejarah kejuaraan yang diperuntukkan bagi atlet U-20 ini. Pasalnya ini adalah hasil terbaik yang didapat pelari Indonesia di kejuaraan ini.

Tak hanya itu, catatan waktu Zohri hanya berbeda 0,01 detik dari catatan waktu terbaik pelari Indonesia di nomor 100 meter yang dimiliki oleh Suryo Agung Wibowo.

“Saya akan berpesta malam ini. Saya sangat gembira dengan keberhasilan mendapatkan catatan waktu terbaik dan rekor nasional untuk kategori junior. Saat ini saya akan bersiap menghadapI Asian Games bulan depan. Saya sangat bangga. Ini adalah pengalaman yang luar biasa dan hebat untuk karier saya,” kata Zohri seperti dikutip dari situs IAAF.

Di atas kertas, Zohri bukanlah unggulan utama di Kejuaraan Dunia Junior meskipun dirinya berstatus sebagai juara Asia. Catatan waktu terbaik Zohri sebelum kejuaraan dimulai adalah 10,25 detik.

Namun, tanda-tanda keberhasilan Lalu sudah terlihat sejak di babak kualifikasi di hari pertama kejuaraan yang berlangsung di stadion Ratina, Finlandia. Atlet yang dijuluki ‘Bocah Ajaib dari Lombok’ ini  turun di heat (putaran) pertama, bersama atlet Jepang Daisuke Miyamoto berhasil lolos ke  Semi final dengan waktu 10,30 detik. Catatan waktu Lalu bahkan menjadi yang terbaik dari 6 heat di babak kualifikasi.

Di Babak semifinal, anak didik pelatih Eni Sumartoyo ini  turun di heat 1 dari 3 heat lolos bersama atlet muda Amerika Serikat Anthony Schwart dengan waktu 10,24. Giliran Anthony yang memimpin dengan waktu 10.19 detik. Keduanya bersama Daisuke kemudian lolos ke babak Final.

Selain meraih medali emas, Lalu sekaligus juga memecahkan rekornas Yunior atas nama dirinya dari 10.25 menjadi 10.18 detik. Bahkan rekor Lalu ini mendekati rekornas Senior yang masih dipegang Suryo Agung Wibowo dengan waktu 10.17 detik.

“Puji Tuhan, keberhasilan ini menunjukkan hasil latihan yang dijalankan Lalu, berjalan baik. Terimakasih bu Eni Sumartoyo selaku pelatih Lalu dan Harry Marra selaku konsultan PB PASI,” ujar Tigor M Tanjung, Sekretaris Umum PB PASI.

SIMAK VIDEO KEMENANGAN LALU MUHAMMAD ZOHRI DI BAWAH:

 

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close