Metropolitan

Hari Terakhir Libur Lebaran, Jakarta Diprediksi Cerah

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Warga dan turis di Ibu Kota masih bisa menikmati hari terakhir libur Lebaran 2019 dengan ceria, karena Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan matahari bersinar cerah pada Minggu (9/6).

Mengutip laman resmi BMKG di Jakarta, seluruh wilayah DKI Jakarta mulai dari Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan diprediksi cerah berawan sejak pagi hingga malam ini.

Cuaca cerah berawan juga diprakirakan terjadi di beberapa daerah penyangga DKI Jakarta seperti Depok, Bekasi, dan Tangerang. Bahkan Kota Tangerang diproyeksikan cerah tanpa awan pada pagi dan malam hari.

Sementara untuk wilayah Bogor masih terdapat hujan ringan pada siang hari, selebihnya cerah berawan dan berawan.

BMKG juga merilis prakiraan cuaca di daerah jalur arus balik.

Bagi masyarakat yang masih dalam perjalanan balik di jalur Pulau Jawa diperkirakan bisa berkendara tanpa kendala cuaca karena seluruh jalur berpotensi cerah berawan dan berawan sepanjang hari.

Potensi hujan ringan hanya terjadi di Kota Bogor yakni sejak pukul 16.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Mengenai arus balik, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Pol Refdi Andri mengatakan, pihaknya memprediksi puncak arus balik Lebaran 2019 akan terjadi pada hari ini.

Sama seperti arus mudik, pihaknya melakukan antisipasi kemungkinan terjadinya kepadatan pada beberapa hari ke depan.

“Puncak arus balik sudah kami prediksi H+4 Lebaran, itu hari Minggu tanggal 9 Juni, tapi tentu tanggal berdekatan tetap jadi perhatian kami,” kata Refdi, Sabtu (8/6) dikutip Antara.

Dia pun meminta jajaran lalu lintas dan mitra-mitra terkait untuk terus mengoptimalkan pengerahan kekuatan dan kesiapan personel di lapangan. Hal itu untuk mendukung kelancaran rekayasa lalu lintas pada arus balik Lebaran 2019.

Untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan saat arus balik, sistem satu arah atau one way diberlakukan di Tol Cikampek arah Jakarta pada Sabtu (8/6) malam.

One way ini diberlakukan mulai dari Gerbang Tol Cikampek Utama hingga Cikarang Utama berlangsung sekitar dua jam sejak pukul 21.00 WIB.

Refdi mengungkapkan, one way juga diberlakukan di KM 439 Ungaran mengarah Semarang sampai KM 414 Kalikangkung.

Penerapan one way sejak di KM 439 Ungaran dan hingga Cikarang Utama ini menjadi sistem satu arah terpanjang, yakni mencapai 410 KM.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close