Nasional

Hari Ini Puncak Arus Balik Udara

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santosa menegaskan, hari ini merupakan puncak arus balik melalui udara.

“Bandara yang paling sibuk melayani arus balik ini adalah Adisutjipto Yogyakarta, Adisumarmo Solo, A Yani Semarang, Juanda Surabaya,” katanya.

Agus mengatakan puncak arus balik terjadi pada Selasa (19/6/2018) dan Rabu (20/6/2018) atau H+3 malam dan H+4 dengan total penumpang yang diperkirakan mencapai enam juta orang.

“Jadi untuk puncak arus mudik hampir semua bandara itu terjadi pada H-6 Lebaran, sedangkan puncak arus balik terjadi pada H+4 atau Rabu 20 Juni 2018 dan H+3 atau Selasa malam 19 Juni 2018. Sedangkan di Bali puncak kedatangan penumpang usai perayaan Lebaran dan biasanya adalah wisatawan,”kata Agus di Yogyakarta, Rabu (20/6/2018).

Ia menjelaskan pemudik yang menggunakan jasa penerbangan untuk arus mudik Lebaran juga terus mengalami peningkatan dari tahun 2017 yang meningkat 9,5 persen dan tahun 2018 ini meningkat sekitar 10 persen dengan total jumlah penumpang mencapai hampir enam juta.

“Penerbangan di Indonesia dalam hal keselamatan juga semakin meningkat sehingga larangan maskapai dari Indonesia ke Eropa yang sempat diberlakukan dan kini sudah dicabut sehingga ada 62 penerbangan Indonesia ke Eropa yang kembali beroperasi,”ujarnya.

Tingkat keterisian penumpang (Seat Load Factor–SLF) kata Agus selama pelayanan arus mudik Lebaran setiap maskapai cukup tinggi diatas 90 persen dan maskapai yang paling tinggi SLFnya adalah Batik Air, Garuda, Citilink dan menyusuk maskapai Nam Air. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close