Hukum

Hari Ini Novanto Dieksekusi ke LP Sukamiskin

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Setya Novanto akan dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, hari ini (4/5/2018). Mantan Ketua DPR ini diketahui tidak mengajukan banding atas putusan majelis hakim dalam perkara korupsi protek e-KTP.

“Betul hari ini akan dipindahkan ke Lapas Sukamiskin,” kata Firman Wijaya, kuasa hukum Novanto dalam keterangannya, Jumat (4/5).

Firman menyebutkan, proses administrasi dari jaksa penuntut umum KPK sudah selesai. Saat ini dia masih membereskan persyaratan buat LP Sukamiskin. Novanto diperkirakan tiba di Bandung sekitar pukul 14.00 atau 15.00 WIB.

“Ini maunya KPK. Kita ikuti saja. Kalau saya, sih, inginnya hari lain. Karena pasti akan terhambat di jalan. Ini, kan, akhir pekan, arus lalu lintas pasti padat,” ucapnya.

Firman rencananya juga akan ikut mengantar kliennya ke LP Sukamiskin. Kemungkinan, Deisti Astriani Tagor, istri Novanto akan menunggu kedatangan sang suami di Sukamiskin.

Majelis hakim pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi memvonis Novanto 15 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsidier tiga bulan kurungan. Hakim menyatakan mantan Ketum Golkar itu terbukti melakukan korupsi dalam proyek pengadaan e-KTP.

Hakim juga mewajibkan Novanto membayar uang pengganti senilai USD 7,3 juta dikurangi Rp 5 miliar seperti yang sudah dikembalikan. Mereka juga memutuskan mencabut hak politik Novanto selama lima tahun, setelah menjalani masa hukuman.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close