Nasional

Hari Ini Jakarta Cerah, Besok Berpotensi Terjadi Puting Beliung

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Prakiraan cuaca seluruh DKI Jakarta termasuk Kepulauan Seribu, hari Sabtu (11/7/2020), sepanjang siang sampai sore hari ini diperkirakan cerah berawan.

Namun demikian, BMKG mengingatkan akan terjadi perubahan cuaca pada malam hari, dari yang semula siang hari cerah berawan, akan bergerak berubah menjadi berawan saat malam hari, di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Sementara itu, perkiraan suhu di wilayah DKI Jakarta berkisar 23 derajat celcius hingga 33 derajat celcius. Suhu ini merata di seluruh wilayah kota di Provinsi DKI Jakarta.

Suhu udara di Jakarta Barat diperkirakan berkisar antara 24-33 derajat, Jakarta Pusat 25-31 derajat, Jakarta Selatan 24-33 derajat, Jakarta Timur 24-33 derajat, Jakarta Utara 25-31 derajat, dan Kepulauan Seribu 26-29 derajat celsius.

Sementara itu untuk kondisi kelembaban udara, berkisar antara 60-90 persen. Secara rinci untuk kondisi kelembaban udara di Jakarta Barat pada angka 60-95 persen.

Kemudian untuk wilayah Jakarta Pusat 70-90 persen, Jakarta Selatan 60-95 persen, Jakarta Timur 60-95 persen, dan Jakarta Utara 70-90 persen, dan Kepulauan Seribu 80-90 persen.

BMKG juga memberikan peringatan dini di wilayah Jakarta selama dua hari ke depan.

Menurut informasi BMKG hingga 12 Juli 2020 akan terjadi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Bahkan, menurut BMKG potensi terjadinya puting beliung bisa muncul pada 12 Juli 2020.

Penyebab cuaca buruk itu menurut BMKG karena adanya sirkulasi siklonik terpantau diselat Makasar, yang membentuk konvergensi memanjang dari Sulawesi Tengah hingga Kalimantan Selatan.

Dari perairan Utara Kalimantan hingga Kalimantan Timur, yang mendukung potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah siklonik dan di sepanjang daerah komvergensi tersebut. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close