Hari Ini Gatot Terima Penghargaan, Deklarator KAMI: Jangan Melemah

Hari Ini Gatot Terima Penghargaan, Deklarator KAMI: Jangan Melemah
Gatot Nurmantyo

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Presiden Jokowi dijadwalkan akan menyematkan Bintang Mahaputera kepada mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Istana Negara, Rabu (11/11/2020) hari ini. 

Pemberian tanda jasa ini dilakukan bagi semua pihak yang pernah masuk jajaran kabinet pemerintahan hingga satu periode.

Menyikapi hal ini, Deklarator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Marwan Batubara meminta agar penghargaan Bintang Jasa Mahaputera yang diberikan Presiden Joko Widodo tak melemahkan perjuangan Gatot Nurmantyo bersama KAMI. 

Apalagi Gatot sendiri merupakan salah satu Presidium KAMI.

"Kita berharap (pemberina penghargaan ini) tak melemahkan sikap beliau dari perjuangan KAMI," kata Marwan, Selasa (10/11/2020) malam.

Marwan berharap Gatot bisa menjadikan penghargaan tersebut sebagai sarana untuk meningkatkan perjuangan dan komitmennya terhadap gerakan moral di Indonesia. Bukan sebaliknya, Ia tak ingin penghargaan itu justru menurunkan semangat Gatot dalam perjuangannya tersebut.

"Cuma umumnya teman-teman di KAMI (berharap) beliau gak menerima," kata Marwan.

Marwan mengatakan, pilihan untuk menerima atau tak menerima sebuah penghargaan yang diberikan negara merupakan hak pribadi masing-masing. 

Terlebih, anugerah bintang jasa tersebut sebagai hak yang diberikan oleh negara bagi pihak yang telah berkarier dan berjasa di bidang pemerintahan dan keamanan negara.

"Yang kita pertanyakan itu timing-nya aja dan motifnya itu apa? Kalau motifnya ingin menjinakkan, dan dipaksakan, ya kita curigai ada sesuatu. Karena itu kita harap gak diterima," kata Marwan.

Terpisah, Komite Eksekutif KAMI Dian Fatwa menegaskan KAMI tak akan melemah meski Gatot menerima Bintang Mahaputera. Ia menyatakan penghargaan tersebut merupakan hak milik Gatot.

"Bintang Mahaputra adalah menjadi hak pak Gatot. Bukan berarti 'berhasil' membungkam," kata Dian.

Lebih lanjut, Dian menyatakan KAMI tetap berpegang teguh pada perjuangannya. Salah satunya bergerak melakukan pengawasan sosial dan meluruskan kiblat bangsa dari segala bentuk penyimpangan dan penyelewengan. (Jo)