Lintas Daerah

Hari Ini 1.000 Pemudik Masuk Yogya, Sultan: Harus Isolasi Diri

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X mengungkapkan pada hari Kamis (26/3/2020) ini terdata lebih dari 1.000 orang yang datang ke Yogyakarta dari luar daerah usai kebijakan sejumlah pemda yang menutup akses keluar masuknya warga masyarakat untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

Para pemudik itu, lanjut Sultan, harus langsung mengisolasi diri selama 14 hari untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

“Hari ini terdata lebih dari 1.000 orang yang perlu dipantau,” kata Sultan usai menggelar rapat dengan Forkominda DIY, di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis.

Pihaknya juga meminta agar para pemudik itu mengecek kepastian status Covid-19 saat berada di Yogyakarta. Sultan pun mengaku bersedia membantu warga pendatang untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan (faskes) yang ditunjuk, baik milik pemerintah maupun swasta.

Terlebih, katanya, sampai hari ini penderita Covid-19 di Yogya makin banyak, dan semuanya adalah kasus impor atau berasal dari luar daerah.

Untuk itu, Gubernur DIY meminta agar Babinsa bersama perangkat desa dan dusun melakukan pendataan terhadap warga yang baru datang di wilayahnya.

Sementara, Kepala Bidang Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto menyebut pihaknya bersama TNI dan Gugus Tugas Covid-19 akan segera melakukan pendataan terhadap warga yang pulang kampung ke Yogyakarta.

“Kami mohon kepada warga yang kembali ke DIY untuk melapor ke perangkat setempat atau Bhabinkamtibmas,” pintanya. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close