Nasional

Hari Buruh, Polda Tutup Bundaran HI

JAKARTA, SENAYANPOST.com — Polda Metro Jaya menyediakan sejumlah lapangan parkir untuk kendaraan para peserta aksi Hari Buruh Internasional atau May Day, pada Selasa (1/5/2018)..

Sejumlah lapangan parkir yang disiapkan itu antara lain terletak di Gelora Bung Karno, Lapangan Banteng, halaman parkir Masjid Istiqlal dan lapangan Monas.

“Untuk kegiatan yang besok dilakukan ada beberapa kantong parkir yang dipersiapkan untuk elemen masyarakat yang akan menyampaikan pendapat,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kpmbes Pol Argo Yuwono, di Mapolda Metro Jaya, Senin (30/4/2018).

Berdasarkan informasi yang diterimanya, Argo mengatakan sebanyak 25 ribu hingga 30 ribu buruh akan menyambangi Jakarta.

Mereka yang akan datang ke Jakarta tergabung dalam serikat buruh yang diantaranya adalah KSPI, KSPMI dan KSBSI.

Tema aksi itu adalah menghentikan keserakahan dan hegemoni korporasi, mewujudkan kesejahteraan rakyat. Tuntutannya adalah turunkan harga tarif listrik dan mencabut PP No 78, serta pilih presiden yang proburuh.

Massa juga diarahkan untuk unjuk rasa di Istana Negara, Istora Senayan, Balai Kota dan gedung DPR MPR. Pihaknya menyiapkan sebanyak 20 ribu personel kepolisian. Pengawalan massa juga akan dilakukan dari Depok dan Tangerang yang akan menuju ke Jakarta.

Argo menyatakan bahwa pihaknya tidak akan membiarkan massa berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia. Menurutnya, hanya sejumlah titik yang diizinkan untuk aksi tersebut.

“Untuk iring-iringan massa tidak diarahkan ke Bundaran HI, jadi kita arahkan di luar Bundaran HI, menuju ke Istana Negara atau ke IRTI dan masjid Istiqlal,” ucapnya.

Argo juga meminta supaya penyampaian pendapat dapat dilakukan dengan santun dan menghindari konflik. Dia meminta kerja sama antar peserta dengan kepolisian. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close