Harga Emas Antam Terancam Anjlok ke Bawah Rp1 Juta per Gram

Harga Emas Antam Terancam Anjlok ke Bawah Rp1 Juta per Gram
Emas Antam

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Harga emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk. kembali turun pada perdagangan Rabu (23/9/2020) setelah merosot tajam Selasa kemarin, hingga mendekati level terendah dalam 2 bulan terakhir.

Melansir situs resmi logammulia.com, emas Antam satuan 1 gram hari ini dibanderol Rp 1.007.000/batang turun Rp 2.000/gram atau 0,2% dibandingkan harga kemarin. Harga hari ini merupakan yang terendah sejak 27 Juli lalu. Kemarin logam mulia ini jeblok 1,46%.

Sementara satuan 100 gram yang biasa menjadi acuan hari ini dibanderol Rp 94.912.000/batang atau Rp 949.120/gram turun 0,21%. Penurunan emas Antam mengikuti merosotnya harga emas dunia belakangan ini. Pada pukul 10:50 WIB, emas dunia berada di level US$ 1.894,52/troy ons, melemah 0,25% di pasar spot. Sejak awal pekan, emas sudah beberapa kali mencicipi di bawah US$ 1.900/troy ons.

Perkasanya dolar AS menjadi pemicu pelemahan emas dunia hari ini. Dolar AS perkasa merespon pernyataan Presiden The Fed Chicago, Charles Evans. Indeks dolar AS kemarin naik 0,34%, dan hari ini berlanjut 0,16% ke 94,140 yang merupakan level tertinggi sejak 27 Juli lalu.

Berbicara lewat daring di acara Official Monetary dan Financial Institution Forum, Evans mengatakan ekonomi AS berisiko dalam jangka panjang, mengalami pemulihan yang lambat, dan tidak bisa langsung keluar dari resesi tanpa bantuan stimulus fiskal. Evans juga melihat open-ended program pembelian aset The Fed (quantitative easing/QE) mampu menyediakan bagian penting untuk pemulihan ekonomi.

"Pernyataan Evans sangat hawkish. Ia menyebutkan QE dan menaikkan suku bunga sebelum target inflasi tercapai. Hal tersebut mengejutkan pasar," kata Edward Moya, analis pasar senior di Oanda New York.

"Segera setelah kita berhasil mengatasi virus corona, anda akan melihat ekspektasi kenaikan suku bunga meningkat, dan seharusnya membuat dolar terus menguat," tambahnya.

Saat dolar AS menguat, harga emas dunia menjadi lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya, sehingga permintaan berisiko menurun, harganya pun terpukul. Jika hingga penutupan perdagangan sesi Amerika Serikat nanti harga emas dunia masih melemah, maka bersiap emas Antam akan turun lagi besok, bahkan tidak menutup kemungkinan ke bawah Rp 1 juta/gram untuk satuan 1 gram.