Nasional

Hadapi Puisi Sukmawati, Din Syamsuddin Minta Umat Islam Berbesar Hati

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin berharap   umat Islam yang tersinggung dengan puisi yang dibacakan oleh Sukmawati dengan judul “Ibu Indonesia” beberapa waktu yang lalu bisa berbesar hati untuk memaafkan Sukmawati karena yang bersangkutan juga telah mengaku tidak berniat menistakan agama Islam dan menyesal serta meminta maaf kepada umat muslim.

“Ya kalau sudah menyesal dan meminta maaf maka pada hemas saya maka yang dikedepankan adalah bahasa dakwah. Ada sesama muslim yang berbuat khilaf menyinggung perasaan orang lain kemudian dirasakan disesali dan minta maaf maka etika islam diberi maaf,” jelas  Din di Kampus UAD Yogyakarta, Rabu (4/4/2018).

Menurut Din, sesaat setelah muncul kontroversi puisi, Sukmawati sudah menemuinya untuk meminta nasihat dan curhat.

Terlebih kata Din,  Sukmawati sendiri ingin belajar tentang islam lebih banyak lagi dan hal tersebut adalah niat dan tekat yang baik maka permintaan maaf terima.

“Saya menghimbau diterima permohonan maafnya dan kita kedepankan bahasa dakwah. Dan kejadian itu terjadi (isi puisi)  karena kurang pemahaman saja tentang islam,” ucapnya.

Namun demikian,  masyarakat atau elemen umat muslim yang melaporkan Sukmawati ke polisi menurut Din adalah hak mereka.

“Ibu Sukmawati sudah menyesal dan minta maaf dan tentu kita berharap betul Ibu Sukmawati tidak mengulangi lagi dan betul-betul belajar islam apalagi posisi beliau sebagai putri dari Proklamator tokoh yang kita hormati dan hargai bersama,” ucapnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close