Ekonomi

Hadapi Libur Lebaran Panjang, BI Siapkan Uang Tunai Rp188 Triliun

JAKARTA, SENAYANPOST.com — Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Rosmaya Hadi mengungkapkan, pihaknya menyiapkan uang tunai sebesar Rp188,2 triliun guna mengantisipasi melonjaknya permintaan uang tunai jelang perayaan Idul Fitri 1439 H.

“Jumlah itu naik sekitar 15,3 persen dari jumlah tambahan uang beredar pada periode yang sama, Rp163,2 triliun,” kata Rosmaya Hadi di Lapangan Parkir IRTI, Rabu (23/5/2018).

Ia menambahkan, dari angka tersebut, 22,8 persen uang tunai ditarik di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi.

Rosmaya mengungkapkan selama lima tahun terakhir, rata-rata penarikan uang tunai perbankan pada periode Lebaran mencapai 25 persen dari total aliran keluar (outflow) uang tunai sepanjang tahun.

“Setiap tahun, terjadi peningkatan outflow uang tunai sekitar 13,9 persen,” ujarnya.

Meskipun BI telah menggalakkan Gerakan Nasional Nontunai (GNNT), Rosmaya mengungkapkan jumlah uang tunai yang disiapkan tetap meningkat mengingat budaya masyarakat Indonesia yang lebih menyenangi uang tunai dibandingkan nontunai.

“Kita berbeda dengan Barat, kita itu di Timur lebih menyenangi memegang uang tunai,” ujarnya.

Selain itu, kenaikan uang tunai juga terjadi akibat periode libur lebaran tahun ini yang lebih panjang dibandingkan tahun sebelumnya.

Kemudian, tambahan uang tunai juga digunakan untuk pembayaran gaji dan Tunjangan Hari Raya (THR) pegawai negeri sipil (PNS) dan swasta. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close