Lintas Daerah

Hadapi Ledakan Kebutuhan Profesional Big Data, UII Buka S-2 Konsentrasi Sains Data

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Mengantisipasi kebutuhan tenaga profesional yang akan menangani big data (data besar), Magister Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia membuka S-2 Konsentrasi Sains Data.

Ketua Program Pascasarjana Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia Dr R Teduh Dirgahayu didampingi dosen Prodi Statistik Fakultas MIPA UII Dr R Bagus Fajriya Hakim menjelaskan, lulusan konsentrasi ini akan memiliki kemampuan untuk menangani dan  menganalisis big data.

“Profesi ini  disebut data scientist, yang merupakan profesi yang sedang berkembang dan terus berkembang,” katanya, Selasa (5/6/2018) di kampusnya di Yogyakarta.

[ads]

Teduh menyebutkan di Amerika Serikat hingga 2026 diperlukan tidak kurang 11,5 juta data scientist. Sedangkan IBM mengkonfirmasi kebutuhan profesional big data hingga 2020 mencapai 700 ribu orang.

Ia menambahkan Program Magister Teknik Informatika UII bekerjasama dengan Prodi Statistika UII menawarkan konsentrasi yang baru dan satu-satunya di Indonesia yakni  Konsentrasi Sains Data untuk menyiapkan para profesional big data.

“Dalam menyusun kurikulum ini, UII juga sudah melakukan diskusi dengan berbagai pihak  yang terkait dengan bidang big data yang salah satunya adalah PT Media Kernels Indonesia. Tujuannya untuk memastikan bahwa kompetensi lulusan ini benar-benar sesuai dengan kebutuhan industri,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close