Ekonomi

Hadapi Lebaran BI Yogyakarta Siapkan Rp7,9 Triliun

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Menghadapi Lebaran 2018, Kantor Perwakilan Bank Indonesia menyiapkan uang kontan sebesar Rp7,9 triliun. Uang sebesar itu, untuk melayani masyarakat yang ingin menukarkan uangnya.

“Mengalami kenaikan sekitar 40 persen dari kebutuhan tahun sebelumnya,” kata Kepala Tim Pengelolaan Uang Rupiah dan Operasional Sistem Pembayaran Kantor Perwakilan BI DIY, Probo Sukesi, di Yogyakarta, Senin.

Ia menambahkan, pada bulan Puasa 2017 lalu, realisasi penukaran yang di Kantor Perwakilan  Bank Indonesia Yogyakarta mencapai Rp5,5 triliun.

Ia menjelaskan kenaikan itu salah satunya untuk merespon lonjakan kebutuhan masyarakat termasuk bertambahnya mesin ATM dan pertambahan jumlah BPR yang melayani penukaran.

“Peningkatan penyediaan uang tersebut, mempertimbangkan adanya kebijakan penambahan hari libur dan cuti bersama pada Lebaran 2018,” ujarnya.

Untuk melayani kebutuhan penukaran uang baru masyarakat, katanya, BI DIY akan menyediakan kas keliling yang beroperasi ke pusat-pusat kegiatan masyarakat. Penukaran uang baru bisa dilakukan melalui bank-bank di DIY.

Bank Indonesia menyiapkan pecahan mulai Rp2 ribu, Rp5 ribu, Rp10 ribu, dan Rp20 ribu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Uang pecahan kecil itu telah didistribusikan ke seluruh perbankan umum atau BPR.

Penukaran itu sudah dapat dilakukan sejak 10 April lalu dan akan berlangsung hingga 11 Juni mendatang.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close