Lintas Daerah

Hadapi Kenaikan Level Merapi, Pemkab Sleman Siapkan Dana Rp2,5 M

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta terus melakukan berbagai upaya kesiap-siagaan bencana serta sosialisasinya khususnya yang ada di lereng Gunung Merapi, jika sewaktu-waktu status gunung teraktir ini dinaikkan menjadi Siaga atau level III.

Bupati Sleman, Sri Purnomo, menjelaskan Pemkab Sleman terus berkoordinasi dengan BPPTKG Yogyakarta untuk menetapkan langkah-langkah tindak lanjut penanggulangan bencana yang mungkin diperlukan.

“Sejak 21 Mei 2018, status Merapi telah dinaikkan ke level `waspada`. Sejak 11 Mei hingga 1 Juni 2018 telah terjadi 12 letusan freatik yang menunjukkan tingginya aktivitas vulkanik,” kata Bupati Sleman di Yogyakarta, Sabtu (30/6/2018).

Ia mengatakan, Pemkab Sleman juga sudah menyiagakan dana tak terduga sebesar Rp2,5 miliar untuk menghadapi kemungkinan dinaikkannya status Gunung Merapi.

Dana tak terduga tersbut, jelasnya,  untuk memenuhi kebutuhan penanganan bencana antara lain untuk kesehatan, fisik yang terdampak, pengamanan, sosial, dan penanganan pengungsi.

“Sementara ini, persediaan obat-obatan dan logistik Sleman dipastikan mencukupi. Pemkab Sleman telah menyediakan 600.000 masker dan cadangan beras sebanyak 530 kilogram,” ujarnya.

Ia menambahkan, Pemkab Sleman juga telah mempersiapkan 21 barak pengungsian serta 10 bangunan yang siap dimanfaatkan untuk pengungsian. (AF)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close