FilmInfotainment

Habiskan Biaya Rp601 Miliar, Ini 10 Fakta Menarik Oscar 2020

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sejak pertama kali digelar tahun 1929, Oscar telah menjadi ajang penghargaan yang paling dinantikan. Padahal, saat itu harga tiketnya masih 5 dollar AS atau sekitar Rp 68.000 dengan kurs saat ini.

Untuk Academy Awards ke 92 yang digelar Minggu (9/2/2020) pukul 20.00 waktu setempat, ada fakta menarik apa saja? Yuk simak 10 fakta Oscar tahun 2020.

Total biaya perayaan

Acara Oscar tahun ini menelan biaya sebesar 44 Juta dollar AS atau sekitar Rp 601 miliar. Tetapi, biaya mahal itu untuk membiayai beberapa event termasuk makan siang, Penghargaan Gubernur dan Governors Ball.

Waktu pemasangan karpet merah

Siapa sangka kalau untuk memasang karpet merah ikonik dalam penghargaan Oscar dibutuhkan waktu ratusan jam. Untuk acara tahun ini, waktu yang dihabiskan untuk pemasangan karpet merah adalah selama 900 jam dan dilakukan oleh 18 pekerja.

Harga karpet merah

Karpet merah dengan ukuran 46 meter persegi ternyata memiliki pengamanan sendiri. Ada penjaga yang disewa secara khusus untuk menjaga karpet senilai Rp 337 juta itu, agar tidak dirusak oleh orang.

Rata-rata biaya untuk busana artis

Dalam sejarah Oscar, busana termahal adalah dari Cate Blanchett di tahun 2014. Total penampilannya saat itu mencapai 18,1 juta dollar AS atau sekitar Rp 247 miliar dengan kurs saat ini. Saat itu Cate meraih penghargaan artis terbaik atas penampilannya di film Blue Jasmine.

Jumlah Nominasi terbanyak dari Joker

Tahun ini, Joker mendapat nominasi terbanyak, yaitu 11 nominasi Academy Awards, termasuk Best Director, Best Picture dan Best Actor. Nominasi lain untuk Best Picture termasuk Jojo Rabbit, The Irishman, parasite, Marriage Story, Once Upon a Time in..Hollywood, Little Women, Ford v Ferrari dan 1917.

Parasite nominasi paling ‘Daebak’

Dari semua nominasi untuk kategori Best Picture, Parasite, film asal Korea Selatan ini memiliki anggaran terendah tapi dengan rating paling tinggi berdasarkan Rotten Tomatoes. Sebagai informasi, Parasite juga menjadi film Korea Selatan pertama yang masuk nominasi Best Pictures dan Best Foreign Language Film.

Gaji aktor pemenang naik

Aktor yang berhasil memenangkan Best Actor atau Best Actress akan mendapat kenaikan honor sekitar 20 persen. Leonardo DiCaprio pernah menang untuk kategori ini tahun 2016 berkat aktingnya di film The Revenant. Tahun ini, ia kembali masuk nominasi untuk perannya di Once Upon a Time in Hollywood.

Goodie bag Oscar

Nah, ini paling dinantikan informasinya. Forbes menuliskan bahwa goodie bag untuk Oscar tahun 2020 terdiri dari beragam produk mandi dengan daun emas 24 karat dan amethyst dari Hotsy Totsy Haus. Ditambah lagi, voucher perawatan kecantikan dengan dokter Konstantin Vasyukevich. Total hadiah goodie bag Oscar tahun ini sekitar 148.000 dollar AS atau setara Rp 2 miliar.

Pembawa acara

Tahun lalu, untuk pertama kalinya dalam 30 tahun, Oscar digelar tanpa pembawa acara. Tahun ini, ajang penghargaan bergengsi ini juga kembali dengan konsep yang sama.

Tetapi, ada banyak nama artis terkenal yang telah dikonfirmasi kehadirannya, mereka seperti Jane Fonda, Zazie Beetz, Timothée Chalamet, Olivia Colman, Penélope Cruz, Beanie Feldstein, Tom Hanks.

Kemudian, ada nama Salma Hayek, Mindy Kaling, Regina King, Shia LaBeouf, Brie Larson, Spike Lee, Rami Malek, Lin-Manuel Miranda, Sandra Oh, Natalie Portman, Keanu Reeves dan Rebel Wilson.

Penampil di Oscar 2020

Kelima nominasi untuk Best Original Song akan tampil di panggung Oscar 2020. Elton John akan menampilan “(I’m Gonna) Love Me Again” dari Rocketman, Cynthia Erivo akan membawakan lagu “Stand Up” dari Harriet, Idina Menzel akan membawakan lagu “Into the Unkown” dari Frozen II.

Sementara itu, penyanyi muda Billie Eilish yang disebut-sebut akan mengisi soundtrack film James Bond No Time to Die, mungkin akan membawakan sedikit lagu soundtrack film itu untuk perama kalinya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close