Gurun di Planet Mars Berwarna Biru, Begini Penjelasan NASA

Gurun di Planet Mars Berwarna Biru, Begini Penjelasan NASA
Dokumen NASA

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA, merilis gambar gurun di planet Mars yang menunjukkan sebagian area berwarna biru. Gambar itu diambil dengan menggunakan kamera infra merah khusus di atas pengorbit Mars, Odyssey.

Gambar tersebut dirilis untuk pertama kalinya pada Kamis (8/4/2021).

NASA menjelaskan foto gurun berwarna biru itu merupakan gambaran berwarna palsu, artinya warna pada gambar mewakili suhu pada permukaan Mars. Semakin dingin suhu permukaan, maka akan digunakan gambaran dengan warna biru.

Warna biru mewakili suhu pada area bersuhu dingin, sementara warna kuning dan oranye menandai wilayah hangat yang mendapatkan sinar Matahari.

Gambar tersebut menunjukkan bukit pasir yang menutupi tutup kutub utara planet Mars. Di kawasan itu suhu dapat mencapai serendah minus 150 Celcius.

Pemandangan berwarna itu merupakan bidikan gabungan yang diambil pada Desember 2002 hingga November 2004 oleh Odyssey.

NASA mengatakan bukit pasir itu sebenarnya mewakili area selebar 30 meter. Namun diungkap bahwa lokasi itu setara dengan wilayah Texas, AS yang merupakan negara bagian terbesar kedua dengan luas sekitar 695.662 kilometer persegi.

NASA mengatakan gambar bukit pasir merupakan serangkaian gambar yang menandai ulang tahun ke-20 Odyssey. Pesawat luar angkasa Mars besutan NASA itu tercatat bekerja paling lama dalam sejarah.

Dikutip The Independent, pesawat ruang angkasa robotik dikirim ke orbit pada bulan April 2001, dan telah mengambil gambar dari Mars sejak berada di orbit.

Melansir Business Insider, Odyssey mengelilingi Mars menggunakan termal untuk mendeteksi bukit air dan es di planet tersebut. Odyssey juga membantu ilmuwan NASA memilih lokasi yang ideal untuk menyebarkan penjelajah Perseverance pada Februari 2012.