Lintas Daerah

Guru Mogok Mengajar Meluas Hingga 42 Kecamatan

GARUT, SENAYANPOST.com – Aksi mogok mengajar yang dilakukan para guru honorer di Kabupaten Garut, Jabar, terus meluas. Hingga Sabtu (15/9/2018) aksi mogok mengajar terjadi di 42 Kecamatan.

Aksi mogok mengajar selain dilakukan oleh guru honor SD, juga dilakukan guru honor yang mengajar di SMP dan SMA baik swasta maupun negeri.

Para guru honor ini memilih diam daripada memberikan pelajaran, akibatnya kegiatan belajar mengajar terganggu.

Aksi mogok ini dipicu tidak diperhatikannya oleh Pemkab Garut, terkait SK penugasan serta adanya pelecehan guru honor yang dilakukan oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Garut, yang menyatakan “Guru Honorer Ilegal,”

“Kami akan terus mogok mengajar sampai SK penugasan dikeluarkan oleh Bupati Garut. Kami juga tidak terima perkataan Plt Kadisdik. Jelas kami semua tersinggung dan merasa dilecehkan profesi kami sebagai guru,” ujar Asep Mulyatin, salah seorang guru honorer di Kecamatan Limbangan, Sabtu.

Dikatakan Asep, aksi mogok mengajar dilakukan sudah dua hari yang lalu setelah adanya pernyataab Plt Kadisdik. “Hari ini saja di Limbangan sebanyak 700 guru honorer melakukan aksi mogok mengajar,” ucapnya.

Berdasarkan informasi yang di himpun aksi mogok mengajar juga terjadi di Kecamatan Cisurupan, mereka lebih memilih berkumpul di lapangan sambil membentangkan berbagai atribut yang di tujukan pada Plt Kepala Dinas Pendidikan Garut.

Sementara Ketua DPP Fagar Garut, Cecep Kurniadi, membenarkan, adanya aksi mogok mengajar hampir di seluruh Kecamatan di Kabupaten Garut.

“Ya, benar aksi demo guru honorer terus terjadi sampai di 42 Kecamatan. Mereka, terus akan melakukan aksi mogok mengajar sampai tuntutan kami di kabulkan,” ucapnya.

Asep juga mengaku, puncaknya aksi mogok mengajar akan dilakukan pada Senin (17/9/2018) seluruh guru akan turun ke jalan mengepung Pemkab Garut. Mereka akan berjihad guru.

“Jihad Guru akan terjadi pada Senin, lebih dari 10 ribu guru akan aksi mengepung Pemkab Garut,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close