Lintas Daerah

Gunung Anak Krakatau Masih Lontarkan Pijar dan Gempa Tremor

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Kondisi Terkini Gunung Anak Krakatau (GAK) di Selat Sunda, Kalanda, Lampung Selatan (Lamsel), Provinsi Lampung, masih terus menunjukkan peningkatan dengan lontaran pijar dan gempa tremor.

“Dari data Manga VAR (Vulcano Activity Report) juga teramati adanya gempa tremor harmonik dengan amplitudo 10-15 mm dan durasi 24-37 detik,” ujar Kepala Pos Pantau GAK di Desa Hargo Pancuran, Kecamatan Rajabasa, Andi Suardi, di Kalianda, Lamsel, Rabu (3/10/2018).

Ia menjelaskan, pada selasa (2/10/2018) hingga pukul 00.00 WIB, tercatat terjadi 156 kali letusan dengan amplitudo 30-51 mm dan durasi 29-305 detik. Lalu gempa vulkani dangkal dengan amplitudo 6-8 mm dan durasi 3-6 detik.

“Teramati juga gempa tremor menerus (microtremor) dengan amplitudo 3-51 mm (dominan 45 mm),” katanya.

Untuk siang hari, jelas dia, pengamatan secara visual ke GAK tertutup kabut. Namun, pada malam hari dari pantauan CCTV teramati sinar api dan lontaran lava pijar ke segala arah, juga terdengar suara dentuman dan getaran yang terasa lemah hingga kuat pada pos PGA.

“Hingga saat ini status GAK masih pada level II Waspada. Para nelayan dan juga pengunjung dilarang mendekati GAK dalam radius 2 kilometer,” imbuhnya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close