Lintas Daerah

Gubernur Soekarwo Luncurkan Buku Kegagalan Liberalisasi Ekonomi

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Gubernur Jawa Timur Soekarwo melaunching buku ‘Berkaca dari Kegagalan Liberalisasi Ekonomi, Memperkuat Komitmen Membangun Pertumbuhan Inklusif berbasis UMKM’ di Ballroom Hotel Sheraton Surabaya, Minggu (21/10/2018).

Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Soekarwo mengatakan, bahwa buku ini lahir dari pemikirannya tentang pengaruh globalisasi atau pasar bebas yang memunculkan liberalisasi ekonomi.

Liberalisasi tersebut membawa dampak negatif, yakni mengutamakan efisiensi di atas segala-galanya demi memenangkan dan memperluas pasar.

Namun akhirnya, konsep efisiensi itu gagal karena disparitas semakin meningkat, karena yang kecil semakin lemah, dan yang besar semakin kuat.

“Belajar dari itu, maka negara harus hadir untuk membuat regulasi yang mengatur dan memfasilitasi baik kepada kelompok yang lemah, seperti UMKM, maupun perusahaan yang besar,” katanya.

Pakde Karwo menambahkan, kelompok yang lemah harus mendapat fasilitas yang lebih dibandingkan perusahaan besar.

Contohnya, suku bunga perbankan yang diterapkan bagi sektor UMKM harus lebih kecil daripada suku bunga untuk perusahaan besar.

Kemudian, UMKM juga harus difasilitasi agar mereka bisa bersaing, dan memiliki jaringan penjualan.

“Pada umumnya, UMKM diberikan suku bunga 18 persen, sedangkan perusahaan besar hanya 14 persen. Karena itu, kami melakukan fiscal engineering melalui loan agreement Bank Jatim sebagai stimulus untuk UMKM Jatim, sehingga suku bunga untuk UMKM hanya sebesar 6 persen saja,” tambahnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close