Lintas Daerah

Gubernur Kalbar Persilakan Kabupaten-Kota Karantina Wilayah

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji mempersilakan kepala daerah tingkat kabupaten dan kota menerapkan karantina wilayah dalam menekan penyebaran virus corona (Covid-19) jika dianggap perlu.

Padahal, kebijakan karantina wilayah dalam penanganan wabah merupakan kewenangan pemerintah pusat.

“Penutupan wilayah saya serahkan sepenuhnya kepada kabupaten/kota yang merasa memungkinkan untuk melakukan itu dengan catatan semua kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dengan baik,” kata Sutarmidji, Selasa (31/3/2020).

Dilansir CNN Indonesia, Sutarmidji meminta kepada seluruh kepala daerah di wilayah Kalbar menggunakan anggarannya masing-masing untuk bantuan sosial kepada masyarakat terdampak virus corona.

Ia mengatakan pemerintah provinsi Kalbar sudah menyediakan bantuan beras untuk 463 ribu masyarakat miskin. Masing-masing kepala keluarga akan menerima 20 kilogram beras.

Selain itu, Sutarmidji juga meminta kepada kabupaten dan kota membuat cadangan pangan untuk memenuhi kebutuhan daerahnya masing-masing. Hal ini untuk mengantisipasi masyarakat yang tak terdata dalam pembagian beras tersebut.

Sementara, Pemerintah Kabupaten Landak dan Kabupaten Bengkayang, Kalbar telah melaksanakan upaya karantina lokal menekan penyebaran virus corona.

Masing-masing pemda melibatkan Pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) untuk melaksanakan ritual adat tolak bala. Ritual Ba’samsam di Kabupaten Bengkayang dan Balala’ di Kabupaten Landak. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close