Lintas Daerah

Gubernur Jatim Tampung Tuntutan Ribuan Buruh

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Ribuan massa serikat pekerja Jawa Timur yang merayakan Hari Buruh Internasional di halaman Kantor Gubernur Jawa Timur, Selasa (1/5/2018) sore membubarkan diri.

Ribuan massa buruh ini tampak terlihat terdiri dari beberapa kelompok-kelompok aliansi. Seperti, FSPMI, Kasbi, PPMI, dan KSPI.

Para buruh yang demo sejak siang hari membubarkan barisan setelah Gubernur Jawa Timur Soekarwo menemui dan menampung aspirasi mereka.

Beberapa tuntutan yang diajukan oleh para massa buruh secara garis besar masih tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Penghapusan outsourcing dan pencabutan PP 78/2015 tentang upah buruh masih menjadi poin utama.

Selain itu, tuntutan untuk prioritas kepada tenaga kerja pribumi ketimbang asing serta kemudahan akses BPJS bagi para buruh juga menjadi poin bagi para peserta aksi May Day kali ini.

Semua aspirasi dan tuntutan sudah mereka sampaikan ke Gubernur dan Gubernur berjanji, akan mendukung apa yang disuarakan para buruh. Secara keseluruhan, aksi unjuk rasa di Hari Buruh Internasional atau yang juga dikenal May Day di Surabaya berlangsung aman dan lancar.

Irjen Pol Machmud Arifin Kapolda Jatim saat di atas panggung mengapresiasi komitmen buruh menggelar aksi unjuk rasa secara damai saat MayDay.

Dia sangat menghargai aksi May Day di Jawa Timur yang berlangsung aman lancar dan damai, termasuk di Jalan Pahlawan.

Kendaraan komando diikuti oleh para pengunjuk rasa bersepeda motor.
Mereka bergerak dalam satu komando agar membubarkan diri bersama-sama. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close