Lintas Daerah

Gubernur Jatim Surati Menteri PUPR Desak Cek Semua Jembatan

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Tak ingin kejadian ambruknya Jembatan Widang terulang ke jembatan lainnya, Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, telah berkirim surat ke Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) agar mengecek kondisi seluruh jembatan di Jatim.

“Saya berkirim surat ke Menteri PU yang isinya bahwa harus dicek semua jembatan,” ujarnya, Jumat (20/4/2018).

Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan, pengecekan jembatan itu diharapkan juga berlaku pada jembatan yang baru. Sebab, jembatan tol baru di Manado-Bitung saja juga bisa ambrol.

“Jembatan baru atau lama harus dicek. Karena di Bitung jembatan baru juga ambrol,” katanya.

Pakde Karwo sapaan akrabnya juga mengusulkan agar seluruh jembatan timbang diaktifkan kembali untuk mengontrol tonase muatan truk besar. Selama ini jembatan timbang di Jatim sudah banyak yang tidak aktif.

“Jembatan timbang harus diaktifkan lagi. Hasil analisa pak Kapolda benar bahwa jembatan timbang harus diaktifkan,” katanya.

Jembatan Widang, Kabupaten Tuban, ambruk pada Selasa (17/4/2018). Ada tiga truk besar dan satu sepeda motor tercebur bersama penumpangnya. Akibat peristiwa itu satu orang meninggal, yakni sopir truk bernama Mukhlisin, warga Gresik. Empat orang lainnya luka-luka.(JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close