Lintas Daerah

Gubernur Jatim Minta Tiga Pilar Ikut Berantas Narkoba

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Gubernur Jawa Timur Soekarwo meminta tiga pilar plus untuk ikut serta memberantas narkoba di daerah.

Tiga pilar plus tersebut adalah Babinsa, Babinkamtibmas, kepala desa ditambah tokoh masyarakat yang tersebar di 8501 desa/kelurahan di Jawa Timur.

Permintaan tersebut disampaikan Gubernur Soekarwo saat menerima kunjungan kerja dari Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat Komjen Pol Heru Winarko di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (8/5/2018).

Keberadaan tiga pilar plus dinilai sangat efektif dalam mendeteksi berbagai macam persoalan masyarakat di daerah, mulai dari mewujudkan kenyamanan, kedamaian, terorisme hingga narkoba di Jatim.

Pakde Karwo sapaan akrabnya menjelaskan, bahwa tiga pilar plus yang ada di Jatim telah memiliki protap. Protap yang dimaksud yakni segala permasalahan yang timbul di daerah cukup diselesaikan di tingkat kelurahan/desa atau maksimal satu tingkat di atasnya. Sehingga masalah tidak perlu sampai ke kabupaten/kota.

“Kami usul, tiga pilar yang ada di kabupaten/kota untuk dilibatkan dalam pemberantasan narkoba. Mereka memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dalam mendeteksi permasalahan masyarakat, salah satunya narkoba,” jelasnya.

Sementara itu, terkait dengan pencegahan bahaya narkoba di Jatim, Pakde Karwo menawarkan agar pasien atau korban dari narkoba bisa ditangani di tingkat puskesmas.

Alasannya, karena terbatasnya jumlah rumah sakit yang bisa membantu rehabilitasi pemulihan korban narkoba. Selain itu, masih banyak dari korban narkoba yang tidak mau melaporkan anggota keluarganya yang terkena narkoba ke rumah sakit. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close