Otomotif

Gubernur Jateng Minta Esemka Bikin Mobil Pengangkut Sampah

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengusulkan Esemka untuk membuat mobil khusus pengangkut sampah karena pembuatan mobil pengangkut sampah tersebut akan sinergis dengan program Presiden Joko Widodo yang mengutamakan produk dalam negeri.

“Ya nanti kami dorong Esemka buat desain yang sesuai, ‘Hei Esemka bikin dong mobil pengangkut sampah yang desainnya khusus, bisa angkut sampah kering dan sampah basah’,” kata Ganjar Pranowo dalam Kongres Sampah di Desa Kesongo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.

“Apalagi kan Esemka jual mobil murah, bisa diinovasi tuh,” lanjutnya.

Menurut Ganjar, mobil khusus tersebut dapat menjaga agar sampah tidak ‘selingkuh’. Maksudnya, meski sudah dipilah di masyarakat, terkadang karena tidak ada mobil khusus, sampah yang dikumpulkan akhirnya tercampur saat diangkut menuju tempat pembuangan akhir.

“Mobil pengangkut itu perlu dan penting, agar sampah yang ada di rumah tangga bisa segera tertangani,” ujar Ginanjar.

“Soal desain mobilnya, mari nanti kita rumuskan bareng-bareng,” sebutnya.

Ganjar berharap bisa mengeluarkan rekomendasi yang segera ditindaklanjuti. Dengan dasar rekomendasi tersebut, akan dimunculkan regulasi yang diteruskan ke pemerintah kota/kabupaten hingga tingkat desa.

“Jika kongres ini sudah cukup ya segera ditindaklanjuti namun, jika kurang, nanti kami bikin kongres kedua atau ketiga. Tujuannya jelas, sampah ditangani dan diolah, dimanfaatkan,” kata Ganjar.

Dia menilai, produk olahan sampah bisa memberi manfaat ekonomis. Ganjar mencontohkan keripik berbahan eceng gondok yang rasanya enak.

“Ada juga ini kerajinan kombinasi plastik dan eceng gondok. Pokoknya ayo berpikir agar sampah tidak semakin banyak, tapi sampah membawa berkah,” ungkapnya. (AR)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close