Nasional

Gubernur dan Wagub Riau Resmi Dilantik Presiden

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik gubernur dan wakil gubernur Riau terpilih, Syamsuar-Edy Natar, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Prosesi pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Keputusan Presiden oleh Jokowi kepada Syamsuar-Edy di Ruang Kredensial, Istana Merdeka.

Jokowi pertama menyerahkan petikan kepada Syamsuar, kemudian dilanjutkan kepada Edy. Jokowi turut didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Selepas itu, Jokowi, JK, Tjahjo serta Syamsuar dan Edy berjalan bersama diiringi pasukan kirab kehormatan. Mereka berjalan menuju Istana Negara.

Sampai di Istana Negara, Syamsuar dan Edy menempati posisi masing-masing di lokasi pelantikan. Proses diawali dengan pembacaan keputusan presiden Nomor 20/P 2019 tentang Pengesahan dan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau masa jabatan 2019-2024.

Jokowi kemudian menanyakan kesediaan mereka berdua sebelum diambil sumpah secara agama Islam.

“Terlebih dahulu saya akan bertanya, apakah suadara-saudara, bersedia mengucapkan sumpah menurut agama Islam?” kata Jokowi. “Bersedia,” ujar mereka berdua.

Jokowi kemudian meminta Syamsuar-Edy mengikuti dan mengulangi sumpah jabatan.

Setelah pembacaan sumpah, Syamsuar dan Edy menandatangani berita acara pelantikan sebagai gubernur dan wakil gubernur Riau 2019-2024

Hadir dalam pelantikan di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Kemudian Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso, hingga Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

Syamsuar-Edy Natar merupakan pemenang pemilihan gubernur (Pigub) Riau 2018. Mereka ditetapkan sebagai pemenang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, Juli 2018.

Syamsuar-Edy Natar unggul dengan perolehan 799.289 suara dari 12 kabupaten dan kota di Riau. Pasangan yang diusung PAN, PKS, dan NasDem ini unggul di 9 kabupaten dan kota.

Pasangan nomor urut 1 itu mengungguli Lukman Edy-Hartdianto yang diusung Partai PKB dan Gerindra, Firdaus-Rusli yang diusung Partai Demokrat dan PPP, serta Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno yang diusung Partai Golkar, PDIP dan Hanura.

Syamsuar sebelumnya menjabat sebagai Bupati Siak dua periode yakni 2011-2016 dan 2016-2021. Sementara pasangannya Edy Natar adalah pensiunan jenderal bintang satu TNI AD dengan jabatan terakhir sebagai Danrem 031/Wirabima 2017.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close