Lintas Daerah

Gubernur Babel Dinobatkan Kementan sebagai ‘Presiden Lada Putih’

BABEL, SENAYANPOST.com – Dinilai sebagai kepala daerah yang paling berkomitmen mengembangkan komoditas lada, Kementerian Pertanian RI (Kementan RI) menobatkan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan, sebagai “Presiden Lada Putih’.

“Karena komitmennya dalam pengembangan lada, Gubernur Kepulauan Babel ditetapkan sebagai Presiden Lada,” kata Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, Bambang, di Pangkalpinang, Rabu (16/5/2018).

Bambang menjelaskan, luas kebun lada di Indonesia pada 2002 sampai 2014 mengalami peningkatan. Saat ini, produsi lada Indonesia pada urutan ke dua dunia atau berada di bawah Vietnam.

Menurutnya, untuk mengejar ketertinggalan itu, harus ada komitmen dari semua pihak untuk terus mengembangkan jenis rempah tersebut.

“Untuk itu, luas kebun lada harus ditingkatkan,” ujarnya.

Pemerintah pusat akan memprioritaskan bagi daerah yang berkomitmen dalam pengembangan lada. Bagi daerah yang serius mengurus lada, akan menjadi prioritas dalam alokasi APBN.

Karenanya, jelas dia, penguatan kelembagaan petani lada sangat penting untuk mengembangkan perkebunan rempah-rempah ini. Jika kelembagaan petani tidak kuat, daya tawar petani akan semakin lemah.

Sementara, Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan, menyambut penobatannya sebagai Presiden Lada oleh Dirjen Perkebunan. Ia berkomitmen untuk terus meningkatkan produksi dan kualitas lada guna meningkatkan kesejahteraan petani di daerah ini.

“Tekad saya akan terus berusaha keras untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas lada di Kepulauan Bangka Belitung,” ujarnya. (AF)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close