Google Luncurkan Dua Applikasi Ramah Kuota

22:40
300
YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com - Mendukung miliaran pengguna yang masih baru mengenal i internet (next billion users), Google, Selasa (5/12/2017) meluncurkan d

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Mendukung miliaran pengguna yang masih baru mengenal internet (next billion users), Google, Selasa (5/12/2017) meluncurkan dua aplikasi baru yang didesain ramah kuota.

Aplikasi baru ini, kata Fatima Medina Septiyanti, Public Relation Consultant Google  Indonesia, Selasa (5/12/2017) di Yogyakarta mengatakan, dua aplikasi yang diluncurkan itu dibuat berdasar hasil studi pengguna di Indonesia.

“Dua aplikasi itu adalah Google Go, aplikasi Penelusuran Google hemat kuota untuk ponsel dengan keterbatasan Internet dan Wi-Fi, serta Files Go, aplikasi untuk mengirim dan menerima file tanpa menggunakan Internet, serta membantu merapikan penyimpanan file (storage) di ponsel dengan lebih cepat,” katanya.

Berdasarkan riset Google di 170 kota yang tersebar di Indonesia dan India, ujarnya, pengguna baru Internet cenderung menggunakan ponsel sederhana dengan kapasitas memori antara 512 MB hingga 1 GB. Mereka juga kerap mengakses internet di tempat-tempat dengan kualitas jaringannya tidak stabil.

“Google Go dibuat untuk bekerja lebih cepat pada ponsel dengan RAM rendah dan jaringan Internet 2G,” tegasnya.

Ditambahkan, kelebihan Google Go antara lain hanya memakan slot memori 5 MB, sehingga pengguna bisa menghemat kuota hingga 40 persen saat menelusuri informasi dengan Google Go. Situs, ujarnya,  dimuat dengan lebih cepat, bahkan dari perangkat dengan RAM rendah di jaringan 2G.

“Jika Internet Anda terputus saat sedang menelusuri informasi di Google, secara otomatis aplikasi ini akan memberikan hasil penelusuran saat Anda kembali online,” ujarnya.

Sementara aplikasi Files Go didesain untuk mempermudah pengguna untuk mengatur dan membersihkan slot penyimpanan file pada ponsel melalui 4 fitur utama, yaitu membersihkan slot penyimpanan file (storage).

“Files Go akan secara otomatis memberi rekomendasi akan file yang bisa dihapus dari ponsel, seperti misalnya aplikasi yang sudah lama tak Anda gunakan, kumpulan foto-foto serupa yang terulang, atau video beresolusi rendah. Menghapus file usang tak lagi membutuhkan waktu lama,” katanya.

Files Go juga akan mengirim dan menerima file tanpa menggunakan kuota.

“Dengan Files Go, pengguna dapat melakukan transfer file dari ponsel mereka ke ponsel seseorang dalam jarak dekat. Proses transfer file ini terenkripsi, cepat (hingga 125 Mbps), dan sama sekali tidak menggunakan kuota ponsel Anda,” katanya.

Comments

comments