Gibran dan Bagyo Deklarasi Patuhi Protokol Corona Usai Ditegur Bawaslu

Gibran dan Bagyo Deklarasi Patuhi Protokol Corona Usai Ditegur Bawaslu
Gibran dan Bagyo Wahyono saat sosialisasi masker di Pasar Gede (foto Kumparan)
JAKARTA, SENAYANPOST.com - Bawaslu Solo menegur pasangan cawali dan cawawali, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo, saat pendaftaran ke KPU karena melanggar protokol corona dengan memicu kerumunan.
Kini, kedua kandidat yang bertarung di Pilwalkot Solo 2020 itu sepakat mematuhi protokol corona sesuai anjuran pemerintah dan KPU.
Komitmen bersama tersebut tertuang dalam deklarasi mematuhi protokol corona dalam acara pembagian 100.000 masker di Pasar Gede Solo, Jawa Tengah, Kamis (10/9). Selain pembagian masker, kedua bakal calon ini juga mengkampanyekan jaga jarak dan hindari kerumunan.
Kegiatan tersebut diadakan Polresta Surakarta dalam rangka operasi yustisi penggunaan masker serta kampanye pilkada yang aman, damai, dan sehat. Acara tersebut juga dihadiri pimpinan parpol pengusung parpol dan timses independen bakal cawali dan cawawali di Pilwakot Solo.
"Sebagai bakal cawali saya bersama Pak Teguh berkomitmen menciptakan kampanye damai sesuai arahan KPU. Dengan deklarasi ini mempertegas kembali kami siap mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah," ujar Gibran.
Suami Selvi Ananda ini juga siap melakukan kampanye secara offline dengan membatasi orang dan menerapkan jaga jarak.
"Kami siap bekerja sama dengan Pemkot mengampanyekan protokol kesehatan. Semua ini demi kebaikan bersama menciptakan pilkada yang aman, damai, dan sehat," kata Gibran.
Komitmen sama juga diutarakan bakal cawali Bagyo Wahyono. Ia menegaskan Bajo (Bagyo dan FX Supardjo) yang maju dari jalur independen selalu menekankan ke para pendukung agar patuh terhadap protokol corona.
"Kami juga punya komitmen menciptakan pilkada yang aman, damai, dan sehat di tengah situasi pandemi COVID-19. Deklarasi ini sebagai bukti Bajo patuhi protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah," tandasnya.
Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, mengatakan total ada sebanyak 100.000 masker yang dibagikan serentak sesuai instruksi Polda Jawa Tengah. Untuk kegiatan di Solo melibatkan kedua pasangan bakal calon yang sedang bertarung di Pilwakot Solo.
"Masyarakat sehat, ekonomi pulih itu yang kita tegaskan dalam kegiatan ini. Bagi yang melanggar protokol kesehatan sesuai Perwali diminta membersihkan sungai selama 15 menit " kata Ade.