Politik

Gerindra Sebut Saut Situmorang Pernah Lobi Komisi III DPR

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang yang ikut demo menolak revisi UU No. 30 tahun 2002 tentang KPK di Gedung KPK, pada Minggu (8/9/2019) lalu itu pernah melobi Komisi III DPR.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi III (Gerindra), Desmond J Mahesa, sesaat akan bertemu Pansel Capim KPK di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (9/9/2019).

Desmond mengaku pernah dilobi Saut Situmorang saat seleksi komisioner KPK. Tapi, lobi-lobi itu biasa terjadi dalam tiap proses seleksi.

“Para komisioner KPK yang hari ini menjabat pernah melobi anggota DPR, termasuk dengan saya,” ujarnya.

Hanya saja Desmond tak bersedia menyebutkan namanya satu persatu. “Banyak yang lobi, masak saya sebut orang per orang. Baik komisioner sekarang maupun komisioner yang lalu minta tolong ke saya, saya tolong-tolong saja,” tutur Desmond.

Bahkan Desmond mengaku punya bukti, termasuk Pak Saut Situmorang itu. Namun kata Desmond, dirinya tidak ada kesepakatan atau perjanjian tertentu dengan Pak Saut dalam lobi-lobi tersebut.

“Tapi, kalau anda kurang yakin tanya Pak Saut saja. Saut lobi saya. Saya ajak makan, saya bayarin, tapi saya tidak men-deal apa-apa, dan dia juga nggak deal apa-apa. Saya cuma bilang tegakkan hukum. Itu saja. Jadi, tanya Pak Saut,” katanya singkat.

Sebelumnya Saut Situmorang menolak revisi UU KPK. Hal itu disampaikan dalam aksi bertajuk #saveKPK di Gedung Merah Putih, Jakarta, Jumat (5/9) lalu.

“Untuk masa depan Indonesia, untuk masa depan cucu saya, untuk masa depan cucunya presiden, masa depan cucunya menteri, maka revisi UU KPK harus dilawan,” kata Saut di depan Pegawai KPK. (WS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close