Ekonomi

Gerai Akan Ditutup, Giant Tebar Diskon

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Gerai ritel modern, Giant akan menutup beberapa toko di wilayah Jabodetabek. Salah satunya berada adalah Giant Ekspres Mampang di Jakarta Selatan.

Dari informasi yang beredar di grup sosial media, pihak Giant berencana menutup enam toko ritel. Penutupan akan dilakukan pada 28 Juli 2019.

Pihak PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) yang mengelola gerai Giant belum merespons saat dikonfirmasi. Sementara itu, karyawan Giant Ekspres Mampang membenarkan penutupan gerai di 6 lokasi.

“Iya yang 6 tempat itu akan tutup. Sudah kesebar ya di internet?” ungkap karyawan Giant kepada kumparan di Gerai Giant Ekspres Mampang, Jakarta Selatan, Sabtu (22/6), yang dikutip dari kumparan.

Suasana toko Giant di Mampang, Jakarta Selatan yang akan ditutup. Foto: Elsa Toruan/kumparan
Pada rencana penutupan ini, pihak Giant memberi diskon untuk seluruh produknya mulai dari 5 persen hingga 50 persen.

Dari pantauan kumparan, salah satu gerainya yang ada di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, telah terpasang spanduk bertuliskan “Kami tutup hanya di toko ini. Diskon semua harga. Semua harus terjual habis.”

Salah satu pegawai di Giant Mampang menyampaikan diskon besar-besaran akan diberikan secara bertahap. Untuk saat ini, diskon produk di semua toko Giant yang akan ditutup masih berkisar 5-25 persen.

“Iya benar di sini akan tutup dan ada 5 toko lainnya yang akan tutup. Nanti semakin mendekati masa penutupan akan semakin besar diskonnya. Datang lagi aja di pertengahan bulan Juli,” kata pegawai tadi.

Diskon besar-besaran ini diberikan agar semua produk di toko-toko yang akan ditutup bisa habis. Namun, sejak sore ini (22/6), tampak pembeli masih belum banyak yang datang untuk berbelanja.

Penutupan juga telah terjadi di Giant Ekspres, Sentul City, Bogor. Di sana, produk-produk sudah ludes terjual karena gerai akan ditutup. Kini, gerai Giant Ekspres telah ditutup dan diganti dengan gerai produk rumah tangga, Ikea. Ikea di Indonesia sendiri lisensinya dikelola oleh induk Giant, yakni Hero Group.

Adapun 6 lokasi Giant yang akan ditutup tersebut adalah:

1. Giant Ekspres Cinere Mall

Alamat : JL. Cinere Raya – Jakarta

2. Giant Ekspres Mampang

Alamat : JL. Mampang Prapatan Raya No.20 – Jakarta

3. Giant Ekspres Pondok Timur

Alamat : JL. Raya Pondok Timur 1, Jatimulya – Tambun

4. Giant Ekstra Jatimakmur

Alamat : JL. Raya Jati Makmur

5. Giant Ekstra Mitra 10 Cibubur

Alamat : JL. Raya Alternatif Cibubur, Cileungsi KM 4.

Kav 88-Jatirangga Jatisampurna – Bekasi 1743

6. Giant Ekstra Wisma Asri

Alamat : JL. Perjuangan Teluk Pucung, Bekasi Utara 17121

Sementara itu, Nita, bukan nama sebenarnya, merupakan salah seorang karyawan di toko Giant Mampang, Jakarta Selatan. Dia tengah sibuk membungkus buah-buahan yang akan dijual.

Saat ditanya soal nasib para karyawan setelah toko ini ditutup, tangis Nita pecah. Matanya memerah dan tangannya berhenti memotong buah melon yang sedari tadi dipegangnya.

“Yah kami kena PHK semua,” katanya lirih di Giant Mampang, Sabtu (22/6).

Nita bercerita, dia cukup lama bekerja di Giant Mampang. Bahkan dia sudah menganggap seluruh karyawan di toko ini sebagai keluarga.

Karenanya, dia merasa sedih saat perusahaan memutuskan untuk memberhentikan semua karyawan di Giant Mampang. Padahal, sebelumnya Nita mengaku pernah mengalami hal yang sama. Namun, dia tidak pernah merasa sesedih saat akan dipecat oleh pihak Giant.

“Kami semua enggak tidur sebulan ini mikirin nasib kami. Ya memang namanya rezeki Tuhan yang atur tapi kita sedih sekali semua di sini,” tuturnya.

Sementara itu, pihak perusahaan, lanjutnya, hanya mengatakan gerai di Mampang dan beberapa lokasi lainnya akan berhenti beroperasi. Sehingga, Nita tidak tahu alasan dibalik tutupnya beberapa toko Giant ini.

“Cuma dikasih tahu sama perusahaan 6 toko akan berhenti beroperasi, salah satunya di sini. Makanya kami semua dipecat,” kisah Nita.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close