Genangan Surut, Tol Padaleunyi KM 130 Sudah Dapat Dilalui Kembali

Genangan Surut, Tol Padaleunyi KM 130 Sudah Dapat Dilalui Kembali

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Jalan Tol Padaleunyi KM 130 kini sudah dapat dilalui kembali setelah sempat tergenang hingga 50 cm.

Corporate Communications and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru menjelaskan berdasarkan informasi yang didapatkannya pada pukul 20.30 WIB, seluruh jalur di Jalan Tol Padaleunyi KM 130 telah bisa dilalui sejak pukul 20.10 WIB.

“Saat ini terpantau genangan air telah surut dan antrean kendaraan nihil. Jasa Marga memastikan seluruh lajur telah aman untuk dilalui pengguna jalan,” kata Dwimawan dalam keterangannya, Rabu (12/8/2020).


Seperti diketahui, genangan air di Jalan Tol Padaleunyi Km 130 ini viral di media sosial. Rekaman ini di unggah akun @infobandungtimur_, dalam video tersebut terlihat antrean kendaraan yang cukup panjang.

Berdasarkan informasi di akun tersebut antrean mencapai 8 km lantaran terhambat genangan air setinggi paha d jalan tol Padaleunyi menuju Cileunyi.

Jasa Marga menyebut bahwa genangan air ini bukan karena tak berfungsinya sistem drainase jalan tol melainkan imbas dari pengerjaan proyek Pembangunan Kereta Cepat yang terletak di sebelah jalan tol Padaleunyi Km 130.

Sebelumnya, dari total tiga lajur ke arah Cileunyi, hanya lajur 3 yang dapat dilalui oleh kendaraan besar seperti mini bus dan kendaraan non golongan 1 dengan genangan setinggi 50 cm.

Sedangkan untuk bahu jalan, lajur 1 dan lajur 2, tidak dapat dilalui semua golongan kendaraan.

Sedang untuk total tiga lajur ke arah Jakarta, baik bahu jalan serta lajur 1 sampai dengan lajur 3, seluruhnya masih dapat dilalui oleh pengguna jalan semua golongan dengan genangan setinggi 20 cm.

Sejak pukul 17.30 WIB, pihak Jasa Marga berkoordinasi dengan Polda Jabar melakukan pengalihan lalu lintas pengguna jalan yang menuju ke Cileunyi dialihkan keluar Gerbang Tol (GT) Pasteur.

Selain itu, rekayasa lalu lintas iuga dilakukan dengan memutar balikkan kendaraan menuju arah Jakarta di Km 129+800 dan keluar di GT Pasteur.

Bagi pengguna jalan yang akan menuju ke Cileunyi dapat masuk kembali di GT Pasir Koja untuk menghindari lokasi genangan.

Dengan adanya genangan itu, pihak Jasa Marga meminta maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan akibat adanya genangan tersebut.

“Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan akibat hal ini dan mengimbau pengguna jalan untuk menggunakan jalur alternatif lainnya menuju Cileunyi dan sekitarnya, tetap berhati-hati dan mentaati rambu-rambu, serta memantau kondisi lalu lintas perjalanan,” kata Dwimawan.