Internasional

Gempa Osaka, 2 Orang Tewas dan 200 Orang Luka

OSAKA, SENAYANPOST.com – Dua orang dilaporkan tewas dan lebih dari 200 orang terluka akibat gempa yang terjadi di Osaka, Jepang, Senin (18/6/2018) pagi. Korban tewas seorang pria lanjut usia dan bocah perempuan.

Sementara, satu korban yang berada dalam kondisi kritis karena tertimpa rak buku di dalam rumahnya.

“Pada saat ini, kami memiliki informasi bahwa dua orang meninggal dunia,” kata juru bicara utama pemerintah Toshihide Suga seperti dilansir dari Channel News Asia.

Dia juga memperingatkan warga mengenai kemungkinan gempa susulan yang kuat.

“Gempa berskala besar kemungkinan akan terjadi dalam dua atau tiga hari ke depan,” katanya.

Kepolisian setempat menyatakan, bocah perempuan berusia 9 tahun tewas setelah tertimpa dinding yang runtuh di sekolahnya. Sementara, pria lansia yang tewas berumur 80 tahun juga karena tertindih tembok.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatatkan, gempa di Osaka berkekuatan 5,3 magnitudo dengan pusat kedalaman 15,4 km.

Lembaga meteorologi Jepang awalnya melaporkan gempa tercatat sebesar 5,9 magnitudo, kemudian diubah menjadi 6,1 magnitudo.

Sejauh ini, tidak ada potensi tsunami yang ditimbulkan dari gempa tersebut.

Sejumlah layanan kereta biasa dan kereta peluru terpaksa ditangguhkan. Sebanyak 170.000 rumah di Osaka tidak mendapat aliran listrik.

Seorang warga bernama Eiji Shibuya mengatakan, gempa pagi tadi mengingatkan dia pada gempa di Kobe 23 tahun silam, yang menewaskan hampir 6.500 orang.

“Saya tertegun. Saya tidak bisa melakukan apa pun. Saya khawatir dengan putra saya yang baru berangkat sekolah. Saya lega, dia selamat,” katanya kepada AFP.

Dari sejumlah foto yang beredar di media sosial, nampak buku-buku terjatuh dari rak di sebuah toko buku, begitu pula papan petunjuk di stasiun yang rusak dan jalan aspal menjadi retak. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close