Peristiwa

Gempa Guncang Gorontalo dan Bitung, Tak Berpotensi Tsunami

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 terjadi di wilayah daratan Gorontalo pada malam ini. Seperti dilansir dari twitter Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut terjadi pukul 18.24 WIB.

“Pusat gempa berada di Darat 14 km Barat Laut Boalemo, Kedalaman 61 kilometer,” demikian dilansir dari kicauan twitter BMKG, Selasa (3/12).

Guncangan gempa tersebut dirasakan di sejumlah wilayah Gorontalo yakni Boalemo, Gorontalo Utara, Bone Bolango, dan Kwandang. Guncangan juga disebut dirasakan hingga ke wilayah Sulawesi Utara yakni di Bolaang Mongondow Utara.

Gempa Gorontalo

Sebelumnya, gempa juga mengguncang wilayah Sulawesi Utara lainnya. Gempa berkekuatan magnitudo 5,3 terjadi di wilayah laut, sekitar 117 kilometer dari Bitung, Sulawesi Utara.

BMKG melansir bahwa gempa yang hiposentrum atau kedalamannya 10 kilometer itu tidak berpotensi tsunami. Gempa itu terjadi pada pukul 17.55 WIB.

Gempa Bitung

Sementara itu gempa berkekuatan magnitudo 5,3 terjadi di wilayah laut, sekitar 117 kilometer dari Bitung, Sulawesi Utara. BMKG melansir bahwa gempa yang hiposentrum atau kedalamannya 10 kilometer itu tidak berpotensi tsunami.

Gempa itu terjadi pada pukul 17:55:29 WIB. Lok:1.46 LU,126.18. Beberapa saat sebelumnya, BMKG mencatat gempa berkuatan magnitudo 5,0 terjadi pada pukul 17:52:24 WIB. Lokasi gempa itu tak jauh dari gempa selanjutnya dengan kedalaman yang sama. Selain itu, gempa itu tak berpotensi tsunami.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close