Gempa Kembali di Tanggamus Lampung Malam Ini, BMKG sebut Sudah 78 Kali

Gempa Kembali di Tanggamus Lampung Malam Ini, BMKG sebut Sudah 78 Kali

JAKARTA, SENAYANPOST.com - BMKG kembali mencatat kejadian gempa di Tanggamus, Lampung, pada malam ini, Kamis 1 Juli 2021. Gempa terkini menjadi yang keempat terjadi dan bisa dirasakan sepanjang hari ini di wilayah yang sama.

Gempa pada malam ini tepatnya terjadi pada pukul 19.29 WIB. Kekuatannya terukur sebesar 4,0 Magnitudo dengan guncangannya lemah dirasakan di Kota Agung. 

BMKG menginformasikan pusat gempa masih dari kawasan yang sama, yakni di laut, hanya 10 kilometer arah barat daya Kabupaten Tanggamus.

Seperti juga yang terjadi dengan tiga gempa sebelumnya, pusat gempa malam ini juga tergolong sangat dangkal, yaitu satu kilometer.  

Gempa telah empat kali menggoyang Tanggamus sepanjang hari ini, hingga artikel ini dibuat. Gempa pertama terjadi pukul 05.11 WIB dengan kekuatan 4,2 M. Yang kedua pada pukul 08.50 WIB berkekuatan 4,6 M. Yang ketiga sekuat 4,4 M mengguncang pada pukul 10.43 WIB.

Dalam keterangannya seperti dilansir Tempo, Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, bahkan menyebut rentetan gempa sudah terjadi sejak sehari sebelumnya.

"Sebanyak 78 kali dan sudah termasuk klasifikasi sebagai gempa swarm," katanya lewak akunnya di media sosial Twitter.

Dia menduga kuat gempa-gempa itu dipicu aktivitas Sesar Semangko yang menerus ke laut. Dampaknya terutama dirasakan di Kota Agung yang terguncang dalam skala II-III MMI di setiap keempat gempa yang terjadi sepanjang hari ini. 

Daerah lain yang bisa merasakan guncangan gempa itu dalam skala III MMI (terasa nyata di dalam rumah seakan ada truk melintas) adalah Sukoharjo, tapi ini hanya untuk kejadian gempa pukul 10.43 WIB.

Sejumlah warga Tanggamus mengungkap gempa benar cukup bisa dirasakan. Mereka menuliskan komentarnya di akun info BMKG. 

"Udah lama ga ngerasain gempa..hari ini ngerasain 2x..," cuit pemilik akun @DaraPuspitas pascagempa pukul 10.43 WIB.