Internasional

Gempa 5,7 M Guncang Turki, 9 Orang Tewas

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Gempa bumi berkekuatan 5,7 magnitudo mengguncang Turki dan Iran, Minggu (23/2/2020) waktu setempat. Gempa terjadi di wilayah perbatasan kedua negara.

AFP, Senin (24/2) melaporkan, otoritas Turki menyatakan sembilan orang tewas akibat gempa ini. Sementara itu, pemerintah Iran melaporkan lebih dari 65 orang terluka dengan 39 di antaranya menjalani perawatan di rumah sakit. Sejumlah bangunan rumah dan sekolah-sekolah juga dilaporkan rusak.

Gempa sebagian besar dirasakan di distrik timur Baskale, Provinsi Van, Turki. Sedangkan, titik gempa berada di dekat desa Habash-e Olya, Iran, sekitar 10 kilometer dari perbatasan Iran dan Turki.

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengatakan, saat ini tidak ada laporan warganya yang masih terperangkap dalam puing-puing reruntuhan.

“Saat ini kami tidak memiliki warga yang terperangkap di bawah puing-puing,” kata Soylu.

Berdasarkan informasi dari Pusat Seismologi Universitas Teheran, gempa memiliki kedalaman sekitar enam kilometer. Badan Manajemen Gempa Turki menyatakan, sebanyak 24 gempa susulan terjadi dua di antaranya berkekuatan 4 magnitudo.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close