Ekonomi

Gelontorkan Dana ke Luar Jawa, LPDB-KUMKM Gandeng Dinas Koperasi dan UKM

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) menggandeng Dinas Koperasi dan UKM di tingkat provinsi sebagai mitra strategis agar koperasi di luar Jawa dan Bali ikut merasakan dana bergulir.

“Kami tidak memiliki kantor cabang untuk melayani pelaku usaha di daerah. Makanya kami menggandeng Dinas Koperasi dan UKM,” kata Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo, dalam keterangan tertulis, Rabu (18/4/2018).

Ia menambahkan, saat ini pihaknya sudah bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM yang berada di 12 provinsi untuk memperkuat koordinasi dalam penyeleksian dan penyaluran dana bergulir.

Melalui rekomendasi dinas tersebut, LPDB-KUMKM bisa bergerak secara cepat dan efisien dalam menjangkau calon debitur.

Braman Setyo menambahkan, Dinas Koperasi dan UKM pasti memiliki catatan tentang usaha dan menejemen keuangan koperasi atau UKM yang ada di daerahnya.

“Dengan begitu, akan lebih mudah bagi kita untuk menyalurkan dana bergulir. Karena sudah bisa dipastikan penerimanya adalah koperasi yang memiliki catatan yang bail,” katanya.

LPDB-KUMKM, kata Braman, juga menawarkan kemudahan dalam akses pembiayaan bagi Koperasi dan UMKM. Untuk itu, Braman meminta Koperasi dan UKM agar memiliki laporan keuangan yang jelas.

“Laporan keuangan ini indikator kelancaran suatu usaha. Maka, yakinkanlah kami dengan laporan keuangan,” ujarnya.

Sebelumnya, pada Selama (17/4/2018) Braman Setyo menghadiri Rapat Sosialisasi LPDB-KUMKM dengan 100 koperasi di Kantor Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close