Polri

Gelar Operasi Patuh Lodaya, Kapolda: Penegakkan Hukum Harus Humanis

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Pol Rudy Sufahriadi meminta seluruh aparat polisi lalu lintas untuk menegakkan hukum dengan cara yang humanis.

“Saya tekankan, melakukan penegakan hukum dalam operasi Patuh Lodaya ini harus humanis, perhatikan itu. Pelanggaran apapun yang dilakukan masyarakat harus humanis,” kata Rudy saat memimpin Apel Operasi Patuh Lodaya di Mapolda Jawa Barat, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Kamis (28/8/2019).

Kapolda mencontohkan, polisi harus tersenyum saat menertibkan pengendara yang melanggar aturan. Polisi tidak boleh marah-marah saat berkomunikasi dengan pelanggar.

“Kalau dialog masyarakat yang marah jangan ikut marah, kita diam saja dan secara baik baik sampaikan tugas operasi ini,” katanya.

Karena menurutnya, operasi ini dilakukan agar lalu lintas dapat tercipta aman dan nyaman. Pasalnya, tidak sedikit masyarakat yang tidak memiliki itikad baik atau tidak kooperatif pada saat ditindak.

Kegiatan Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi dan dihadiri pula oleh Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono.

Selain itu dalam sambutannya Rudy menyampaikan pesan dari Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri yang menyampaikan jumlah kecelakaan yang mengakibatkan meninggal dunia meningkat tiap tahunnya.

Ia berharap dengan cara humanis, tingkat kepatuhan berkendara dapat meningkat dan angka kecelakaan dapat menurun.

“Jumlah kecelakaan ini harus turun dan jumlah korban harus turun lagi, tidak semudah yang kita buat hari ini,” kata Rudy.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close