Internasional

Gedung Putih Nyatakan Belum Ada Keputusan Final Serang Suriah

WASHINGTON, SENAYANPOST.com – Jadi tidaknya Amerika Serikat menggempur belum diputuskan Presiden Donald Trump.

Juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders dalam sebuah pernyataan mengatakan, Trump belum membuat keputusan menanggapi serangan kimia karena masih menunggu informasi intelijen.

“Presiden Trump baru saja menyelesaikan pertemuan dengan tim Keamanan Nasionalnya untuk membahas situasi di Suriah,” kata Sanders.

“Belum ada keputusan akhir yang dibuat. Kami terus menilai infromasi intelijen dan terlibat dalam percakapan dengan mitra dan sekutu kami,” sambungnya seperti dikutip dari Sputnik, Jumat (13/4/2018).

[ads20

Sebelumnya, dalam cuitannya, Trump membantah pernah mengatakan akan menyerang Suriah sebagai tanggapan terhadap dugaan serangan kimia. Serangan itu bisa cepat, bisa juga lambat.

Tweet itu jelas berbeda dari pesan lain yang dikeluarkan Trump melalui Twitter sehari sebelumnya di mana dia mengatakan Rusia harus bersiap-siap untuk rudal baru dan “pintar” yang akan datang ke Suriah. Presiden AS juga mengkritik Rusia karena bermitra dengan “hewan” mengacu pada Presiden Suriah Bashar Assad.

Pada hari Sabtu, beberapa portal berita online oposisi Suriah melaporkan – mengutip militan – bahwa pasukan pemerintah Suriah menggunakan gas klorin di kota Douma dan menewaskan hingga 70 orang.

Pemerintah Suriah membantah bahwa mereka menggunakan senjata kimia, mengatakan serangan itu didramatisir oleh kelompok pejuang Jaish al-Islam untuk dijadikan dalih bagi kemungkinan intervensi eksternal di Suriah.

Pusat Rekonsiliasi Rusia untuk Suriah pada hari Minggu secara tegas membantah laporan tentang serangan senjata kimia di Douma. Perwakilan Pusat mengunjungi tempat dugaan serangan dan mempertanyakan dokter lokal, yang mengatakan bahwa mereka tidak menerima individu dengan gejala keracunan kimia. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close