Lintas Daerah

Gedung Auditorium IAIN Ambon Kembali Roboh

AMBON, SENAYANPOST.com – Gedung Auditorium di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon kembali roboh, Senin (8/7/2019). Gedung ini sebelumnya mengalami kerusakan parah bersama dua gedung lainnya yakni gedung perpustakaan dan gedung Laboratorium FMIPA saat bencana tanah bergerak di kampus itu awal Juni 2019.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lapangan, tampak kondisi bangunan auditorium kini semakin parah lantaran bagian atapnya telah ambruk seluruhnya.

Tembok bangunan juga ikut roboh bersama sejumlah tiang penyangga. Bangunan itu kini mengalami kemiringan dan nyaris ambruk total. Sejumlah mahasiswa yang ditemui mengatakan, gedung tersebut kembali roboh pada Senin pagi sekira pukul 09.00 WIT. Dari penuturan beberapa mahasiswa, terdengar suara gemuruh yang sangat keras saat gedung roboh.

“Kejadiannya tadi pagi. Saat gedung kembali roboh ada suara gemuruh yang sangat menggelegar,” kata Fatima Lahusepa, salah seorang mahasiswi yang ditemui tak jauh dari lokasi bangunan.

Fatima mengatakan, saat gedung tersebut ambruk, dia bersama sejumlah rekan sedang mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) di gedung Fakultas Pendidikan Agama Islam yang berjarak 15 meter dari auditorium.

“Saat itu kita sedang mengikuti UAS dan langsung lari dari ruang kelas,” katanya.

Senada dengan Fatimah, Napsia Tanama juga merasakan hal serupa. Saat gedung itu roboh, Napsia dan mahasiswa lainnya berlarian keluar ruangan.

“Panik sekali semuanya berlarian keluar ruangan, karena suara gemuruh sangat kuat,” ujarnya.

Gedung auditorium IAIN Ambon mulai dibangun pada tahun 2017 dan rampung pada tahun 2018. Gedung ini belum diserahterimakan secara resmi dari pihak kontraktor kepada pihak kampus.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close