InternasionalPeristiwaTak Berkategori

Gedung Ambruk dan 26 Orang Tewas saat Gempa 2017, Pemilik Sekolah Ditangkap

MEXICO CITY, SENAYANPOST.com – Polisi Meksiko menangkap pemilik sekolah yang ambruk saat gempa bumi melanda Mexico City pada 2017. Gedung sekolah yang hancur menewaskan 19 anak-anak dan 7 orang dewasa.

Reuters melaporkan Jaksa Agung Mexico Sity Ernestina Gody mengatakan pada Sabtu (11/5/2019), polisi telah menangkap Monica Garcia, pemilik sekolah Enriqye Rebsamen. Garcia ditangkap ketika berada di sebuah restora pada Sabtu pagi.

“Kejahatan itu adalah pembunuhan massal,” kata Godoy.

Runtuhnya sekolah Rebriamen Enrique menjadi cermin korupsi yang menganggu sejumlah pembangunan di Meksiko. Diwartakan The Star, pihak berwenang menyatakan pemilik sekolah membangun sebuah apartemen untuk dirinya sendiri di atas gedung sekolah kemungkinan menyebabkan bangunan ambruk.

Pencarian korban yang tertimpa bangunan juga telah menarik perhatian dunia. Setelah gempa, seorang anak perempuan terjebak hidup-hidup di bawah reruntuhan gedung sekolah. Namun, pihak sekolah kemudian menyebutkan bahwa gadis itu tidak terdaftar.

Godoy mengatakan masih ada surat perintah penangkapan untuk dua pengawas konstruksi yang mengizinkan penambahan apartemen di sekolah. Padahal, baja dan bahan bangunan lainnya tidak cukup untuk menopang bobot ekstra pada bagian atas gedung..

Gempa berkekuatan 7,1 magnitudo melanda Meksiko pada 19 September 2017, menewaskan 355 orang di ibu kota dan negara bagian sekitarnya.

Tragedi di sekolah tersebut menjadi salah satu simbol paling kuat dalam bencana itu. Pihak berwenang bahkan telah menawarkan 5 juta peso atau sekitar Rp 3,7 miliar untuk informasi yang mengarahkan pada penangkapan Garcia.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close