Gaya Ayu Maulida Pakai Kostum Komodo di Miss Universe 2020

Gaya Ayu Maulida Pakai Kostum Komodo di Miss Universe 2020
Ayu Maulida

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Puteri Indonesia 2020 Ayu Maulida unjuk kebolehan membawakan kostum nasional bertema komodo di Miss Universe 2020. Penampilan Ayuma, begitu sapaan akrabnya, sukses memukau para pendukungnya.

Babak National Costume berlangsung di Hard Rock Hotel, Florida, Kamis (13/5/2021) malam waktu setempat atau Jumat pagi WIB. Pada babak ini, seluruh kontestan yang berasal dari 74 negara menampilkan kostum nasional terbaiknya yang merepresentasikan keindahan dan keunikan negara masing-masing.

Ayuma sendiri muncul dalam balutan kostum bertajuk 'Komodo Dragon: An Indonesian Prehistoric Heritage' yang mengangkat keindahan spesies langka yang hanya ada di Indonesia, yakni komodo.

Momen-momen aksi Ayuma dengan kostum tersebut di panggung sempat diunggah di akun Instagram milik Mega Angkasa, Kepala Departemen Komunikasi Yayasan Puteri Indonesia, yang menyaksikan langsung perhelatan tersebut.

Penampilan Ayuma pun banjir pujian dari para pendukung serta komunitas pageant lovers. "Nangis gak tuh Pak, yang lihat dari rumah aja bangga banget sampai nangis," tulis pendukung Ayuma di kolom komentar unggahan Instagram TV tersebut.

Ada pula yang berkomentar, "Ya Allah merinding saya dan terharu melihat ayuma begitu berhasil membawakan costume comodo, penuh percaya diri dan tataannya luar biasa. Saya bangga sekali sama kamu ayuma."

Kepada Wolipop detikcom, Mega Angkasa yang juga menjabat sebagai Senior Corporate Communication PT Mustika Ratu Tbk.,mengatakan penampilan Ayuma di National Costume Miss Universe 2020 sukses memukau para penonton, tak cuma Indonesia tapi juga seluruh dunia.

"Alhamdulillah, Ayuma dapat mengeksekusi kostum nasional karya Diana M. Putri dan Le Ciel Design dengan baik. Sudah dilakukan terbaik, tinggal tunggu doa dari masyarakat Indonesia agar mendapatkan gelar Best National Costume," katanya lewat aplikasi pesan singkat, Jumat (14/5/2021).

Kostum tersebut merupakan buah kolaborasi desainer mode Diana M. Putri dari Diana Couture dan desainer aksesori Yuling Hoo dan Silvy Prajogo dari Le Ciel Design.

Untuk kostum tersebut, Diana Putri menggunakan payet tiga dimensi berwarna hitam dan emas, demi menciptakan tekstur yang sama seperti kulit komodo. Aspek robotik juga hadir pada kostum ini lewat permainan lampu merah yang berkilauan di sekitaran bahu.

Tak hanya itu, kostum ini juga terbuat dari potongan logam yang jumlahnya mencapai 5.000 keping. Headpiece berbentuk kepala komodo ikut melengkapi penampilan perempuan asal Surabaya, Jawa Timur ini. Yuling Hoo dan Silvy Prajogo menggunakan tiga jenis logam yang berbeda yang dilebur menjadi satu untuk mendapatkan efek ombre yang menarik

Bagian belakang pun tak luput dari permainan detail yang memukau. Ekor sepanjang dua meter yang terbuat dari kulit memberi efek yang dramatis. Berhasilkah Ayuma merebut gelar Best National Costume? Kita tunggu jawabannya saat nama pemenangan diumumkan di grand final Miss Universe 2020 pada Minggu (16/5/2021).