Gatot Nurmantyo Absen di Acara Penganugerahaan Bintang Mahaputera dari Jokowi

Gatot Nurmantyo Absen di Acara Penganugerahaan Bintang Mahaputera dari Jokowi
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo (foto CNNIndonesia)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Pemerintah kembali memberikan anugerah penghargaan Bintang Mahaputera kepada sejumlah eks pejabat di Istana Kepresidenan, Rabu (11/10/2020). Penganugerahaan penghargaan itu dibacakan langsungPresiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan  

Deretan pejabat yang dipastikan mendapatkan anugerah tersebut antara lain mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, eks Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan serta mantan Menkominfo Rudiantara.

Meski demikian, nama pertama dipastikan tidak hadir dalam prosesi penganugerahan. Gatot Nurmantyo bahkan telah menyurati Presiden Jokowi perihal ketidakhadirannya di Istana hari ini.

"Ada satu pak Gatot, mantan Panglima TNI ada bersurat kepada bapak Presiden tidak hadir," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/10/2020).

Lantas, apa isi surat Gatot Nurmantyo kepaa Jokowi perihal ketidakhadirannya? Heru mengatakan, hal tersebut akan secara terperinci dijelaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

"Isinya mungkin nanti Menkopolhukam yang akan menyampaikan," kata Heru.

Heru mengatakan, penghargaan Bintang Mahaputera akan diberikan kepada 71 orang yang merupakan bekas pejabat tinggi negara, baik menteri, aparat TNI/Polri, maupun pejabat yang saat ini masih menjabat.

"Semua hadir, ada beberapa yang tidak hadir dalam kondisi ada yang tidak sehat, dan ada beberapa pejabat yang sekarang masih menjabat, beliau ada tugas khusus," katanya. (ws)