Ekonomi

Gapai Industri 4.0, UKM Aplikasikan Teknologi Korea

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Untuk mendukung kemampuan UKM di sektor industri Kemenkop dan UKM menjalin kerjasama dengan Korea Selatan dengan membentuk Pusat Pertukaran Teknologi atau The Indonesia-Korea The Indonesia-Korea Technology Exchange (IKTEC).

“UKM kita akan menuju ke arah industri 4.0. Maka peran teknologi UKM di Indonesia akan kita tingkatkan dengan mengaplikasikan teknologi dari Korea dalam mengembangkan usahanya,” kata Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring, di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Bagi Meliadi, kerjasama ini amat strategis dan akan menjadi prioritas bagi Kemenkop dan UKM, yang sejalan dengan arahan Presiden Jokowi agar UKM Indonesia masuk ke era industri 4.0.

“Terutama kita akan mengajak UKM muda kita termasuk bisnis start-up dan generasi milenial untuk memanfaatkan pertukaran teknologi dengan Korea ini,” katanya.

Meliadi berkeyakinan, kerjasama ini akan saling menguntungkan kedua negara dalam mengembangkan UKM.

Ia menambahkan, IKTEC merupakan kegiatan kerjasama dan kolaborasi pengembangan UKM yang dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia dengan Kementerian UKM dan Startups Korea Selatan.

“Forum ini merupakan implementasi kesepakatan 1st Joint Committee on SME Cooperation antara Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia dengan Small and Medium Business Administration of (SMBA) the Republic of Korea, pada tanggal 2 Maret 2017, di Jakarta, Indonesia,” kata Meliadi. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close