Internasional

Ganti Kelamin, Tentara Wanita Korsel ini Dipecat

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pria bernama Byun Hui Soo jadi perbincangan setelah dirinya dikeluarkan dari tentara militer Korea Selatan. Byun Hui Soo ternyata adalah seorang transgender.

Para pejabat militer telah mengonfirmasi bahwa mereka mengeluarkan tentara transgender pertama setelah ia ketahuan menjalani operasi penggantian kelamin. Menurut laporan Time, Byun Hui Soo kini memohon agar diizinkan kembali untuk melanjutkan dinasnya di militer meskipun telah dipecat.

Byun Hui Soo diketahui mengalami depresi karena identitas seksual. Pada November 2019, tentara yang berpangkat sersan ini memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Thailand dan melakukan operasi penggantian kelamin.

Sejak ketahuan oleh para pejabat militer dan ia mengalami pemecatan, Byun meminta para pemimpin militer untuk mempertimbangkan kembali keputusan mereka. Byun pun mengaku siap melayani sebagai seorang prajurit wanita.

Pada sebuah konferensi pers, Byun Hui Soo mengatakan bahwa menjadi tentara adalah impian masa kecilnya.

“Terlepas dari identitas seksual saya, saya ingin menunjukkan kepada semua orang bahwa saya bisa menjadi salah satu prajurit hebat yang melindungi negara ini,” kata Byun emosional.

“Tolong beri saya kesempatan itu,” imbuhnya.

Membuktikan kemampuannya untuk melayani, Byun mencatat bahwa di antara sersan staf batalionnya, ia menduduki peringkat teratas dalam penilaian resmi keterampilan mengemudi tank dengan mendapatkan skor tertinggi. Namun, hukum di Korea Selatan memang melarang transgender untuk bergabung di kemiliteran.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close