Bank

Gandeng Bank of Thailand, OJK Perkuat Pengawasan Perbankan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meneken Memorandum of Understanding (MoU) tentang Pengawasan Perbankan dengan Bank of Thailand. Komitmen kerja sama itu merupakan salah satu hasil dari rangkaian pertemuan IMF dan Bank Dunia di Bali hari ini.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengungkapkan, MoU ini merupakan dasar bagi kedua negara berbagi pola pergawasan perbankan yang efektif. Sesuai dengan prinsip-prinsip yang ditetapkan dalam perjanjian inti Besel.

Perbankan Thailand di Indonesia telah ada sejak 1968 lalu, ketika Bank Bangkok pertama kalinya mendirikan kantor cabang asing di Indonesia dan fokus pada korporasi perbankan. Pada 2014, Kasikorn Bank juga mendirikan kantor cabangnya di Indonesia.

“Perjanjian ini akan memperkuat kerja sama tingkat tinggi antara OJK dan BOT. Ini demi menjaga stabilitas keuangan yang aman,” ujar Wimboh di Bali, Jumat 12 Oktober 2018.

Sementara itu Gubernur Bank of Thailand Veerathai Santiprabhob mengatakan, hubungan perdagangan dan investasi antara Thailand dan Indonesia terus diperkuat selama bertahun-tahun. Karena itu membutuhkan layanan keuangan lintas batas yang aman dan efisien.

Hal tersebut menjadi salah satu dasar dari MoU yang dilakukan saat ini.

“MoU ini akan meningkatkan kerja sama dalam pengawasan keuangan antara kedua negara, yang selanjutnya akan menguntungkan perdagangan dan investasi, dan kemakmuran ekonomi jangka panjang,” ujarnya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close