Nasional

Gaji ke-13 ASN, Polri, TNI, dan Pensiunan Mulai Dicairkan

JAKARTA, SENAYANPOST.com –  Gaji ke-13 untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), Polri, TNI dan pensiunan sudah mulai dicairkan sejak Senin (2/7/2018) kemarin.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman menjelaskan bahwa selain gaji ke-13 untuk PNS aktif, uang pensiun ke-13 juga sudah mulai dicairkan awal Juli ini.

“Sudah mulai ada yang cair,” kata Herman, Jakarta, Selasa (3/7/3018).

Herman mengatakan bahwa pencairan tersebut dilakukan oleh masing-masing satuan kerja (Satker) instansi baik kementerian atau lembaga.

“(Pencairan) tergantung proses di masing-masing Satker,” ujarnya.

Walau begitu, dia tak bisa merinci berapa jumlah pencairan yang telah dilakukan. Sebab, urusan pencairan berada di ranah Kementerian Keuangan.

Pemerintah sendiri telah menetapkan anggaran gaji ke-13 untuk, prajurit TNI, dan anggota Polisi sebesar Rp 17,88 triliun. Anggaran gaji ke-13 untuk PNS ini sudah tertuang dalam UU Nomor 15 Tahun 2017 tentang APBN. Di APBN anggaran untuk THR dan gaji ke-13 sebesar Rp 35,76 triliun atau naik 68,9%.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan untuk gaji ke-13 permintaan pembayarannya oleh satuan kerja kepada kantor pelayanan perbendaharaan negara dilakukan pada akhir bulan Juni dan berakhir atau dibayarkan pada awal bulan Juli.

Gaji ke-13 ditujukan agar ASN, Polri, dan TNI bisa membantu terutama untuk anak-anak sekolah mereka.

Untuk Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, menurut Menkeu, dapat menyelaraskan waktu pembayarannya sesuai yang dilakukan oleh pemerintah pusat.

Beban pemberian gaji ke-13 itu, lanjut Menkeu, menjadi tanggungan APBD setempat.

“Ini diatur dalam Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri Keuangan, dan selama ini memang sudah dilakukan untuk pembayaran THR dan gaji ke-13,” tegas Menkeu, 24 Mei 2018.

 

KOMENTAR
Tags
Show More
Close