Gajah Seruduk Rumah Warga, Cari Makanan di Dapur

Gajah Seruduk Rumah Warga, Cari Makanan di Dapur
Gajah menembus rumah warga di Thailand untuk mencari makanan di dapur. Foto/CNN

BANGKOK, SENAYANPOST.com - Rumah seorang wanita di Thailand didatangi tamu tak diundang pada tengah malam akhir pekan lalu. Tamu itu seekor gajah Asia liar.

"Kami sedang tidur dan terbangun oleh suara di dalam dapur kami," ujar Ratchadawan Puengprasoppon, penduduk distrik Hua Hin di provinsi Prachuap Khiri Khan barat.

"Jadi kami bergegas turun dan melihat gajah ini menjulurkan kepalanya ke dapur kami di mana dindingnya rusak," tutur dia.

Menurut dia, dinding rumahnya sudah berlubang sejak seekor gajah menabrak rumahnya bulan lalu.

Kerusakan itu belum diperbaiki ketika gajah muncul pada Sabtu dan menjulurkan kepalanya melalui lubang besar di bagian dapur rumah.

Video yang diambil Ratchadawan menunjukkan gajah menjulurkan belalainya ke dapur melalui lemari dan laci, menjatuhkan piring-piring dan panci.

Pada satu kesempatan, gajah itu mengambil apa yang tampak seperti kantong plastik menggunakan belalainya, dan meletakkannya di mulutnya.

"Saya telah melihat gajah berkeliaran di sekitar kota kami mencari makanan sejak saya masih muda," ungkap Ratchadawan.

"Tapi ini pertama kalinya mereka benar-benar merusak rumahku," papar dia.

Dia menambahkan, tidak ada makanan di dapurnya pada Sabtu ketika gajah itu masuk, tetapi gajah itu mungkin mencoba mencuri garam yang tersimpan di dapur.

“Gajah itu masuk ke dapur karena mencium bau makanan,” ungkap pernyataan Departemen Taman Nasional, Margasatwa dan Konservasi Tumbuhan Thailand dalam posting Facebook pada Minggu seperti dikutip Sindonews.

"Gajah adalah herbivora sehingga mereka membutuhkan mineral dari makanan asin, yang penting bagi tubuh mereka. Mereka akan mencoba menemukan mineral apa pun, dan kami telah mendidik penduduk setempat," papar departemen itu.

“Rumah Ratchadawan mungkin juga menjadi sasaran karena terletak di sebelah pintu masuk taman nasional tempat gajah hidup,” ungkap Prateep Puywongtarn, anggota staf di Organisasi Administrasi Kecamatan Huay Sat Yai di Hua Hin.

“Kejadian serupa sering terjadi di kawasan tersebut karena kedekatannya dengan taman nasional dan habitat gajah,” tambah dia.

Penampakan dan insiden gajah biasanya meningkat selama musim panen buah, dalam beberapa tahun terakhir. “Seekor gajah menghancurkan satu rumah di mana seorang penduduk menyimpan hasil buah,” ungkap dia.