Lintas Daerah

Gajah Koleksi GLZoo Melahirkan

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Gajah betina koleksi satwa di Kebun Binatang Gembira Loka (GLZoo) Yogyakarta pada Rabu (25/3/202) dinihari melahirkan.

Anak yang dilahirkan oleh gajah betina Sinta ini cukup sehat sehingga hanya dalam waktu sekitar dua jam setelah lahir, dapat segera menusui.

Manajer Konservasi GLZoo, Josephine Vanda Tirtayani, Kamis (26/3/2020) di Yogyakarta, menjelaskan Sinta melahirkan setelah mengalami kehamilan selama 21 bulan.

“Kehamilan gajah biasanya terjadi selama 18 hingga 22 bulan,” ujarnya.

Selama bunting, Sinta dalam pengawasan dan perawatan intensif termasuk pemberian pakan khusus dan multivitamin dilakukan demi menjaga kondisi sang induk.

Ia menjelaskan, tim di GLZoo yang menangani kehamilan Sinta melakukan pemantauan melalui USG pun rutin dilakukan untuk memastikan janin berkembang baik. “Sinta juga rutin diajak jalan-jalan keliling area GLZoo, oleh mahout atau perawat satwanya. Ini untuk menjaga kondisi tubuhnya selama proses kehamilan,” tutur Vanda.

Tim GLZoo juga menempatkan Sinta di kandang asuh yang sengaja dibangun untuk kelancaran proses kehamilan dan persalinannya.

“Proses kelahiran bayi gajah berlangsung lancar. Tandanya kelahiran seperti feses yang mengecil dan sedikit gelisah mulai dari sore hari ditunjukkan oleh induknya, Sinta,” urainya.

Sinta merupakan gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus) asal Pusat Konservasi Gajah Seblat Bengkulu. Sedang pasangannya, Argo juga gajah Sumatra yang didatangkan dari Pusat Latihan Gajah Way Kambas Lampung pada 1996. (MU)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close