Lintas Daerah

Gajah Betina Ditemukan Mati Membusuk di Bengkulu

BENGKULU, SENAYANPOST.com – Seekor gajah betina ditemukan sudah dalam kondisi membusuk di wilayah Air Teramang, wilayah Desa Retak Mudik, Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Mukomuko.
, Bengkulu.

Kepala Bagian Tata Usaha BKSDA Bengkulu-Lampung, Suharno menjelaskan, gajah yang mati itu diperkirakan berumur di atas 20 ditemukan berjarak 3,5 kilometer dari kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan telah berubah menjadi kebun sawit yang baru ditanam.

Di lokasi kejadian, tim menemukan kotoran dan jejak kaki kelompok gajah liar, serta dua pondok kebun telah dihancurkan oleh gajah liar.

Menurutnya, gajah Sumatera (Elephas maximus Sumatranus) itu diperkirakan mati pada 21 Juni 2018 dan tim mendatangi lokasi untuk melakukan bedah bangkai untuk sampel serta pemeriksaan tempat kejadian perkara pada Jumat (29/8/2018).

Untuk mengetahui penyebab kematian, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung mengambil 14 sampel dari bangkai gajah itu.

“Untuk mengetahui penyebab kematian gajah, sampelnya dikirim ke laboratorium di Bogor,” kata Suharno, di Bengkulu, Minggu (1/7/2018).

Atas kejadian ini, apabila ada indikasi tindakan pembunuhan terhadap satwa lindung itu maka pelakunya akan dicari guna mendapatkan keterangan lebih lanjut mengenai adanya potensi ancaman terhadap keberadaan satwa liar di habitatnya tersebut.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close